Mempertahankan Kearifan Lokal

Judul: Membumikan Kearifan Lokal dalam Kemandirian Ekonomi
Penulis  : Dr. Patta Rapanna, SE., M.Si 
Penerbit : CV SAH MEDIA
Tebal  : IX + 254
Terbit : Januari 2016
ISBN.  : 978-602-6928-03-0

Kearifan lokal dapat dipahami sebagai gagasan-gagasan, nilai-nilai, pandangan-pandangan setempat yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik,  yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakatnya.

Kemandirian ekonomi berarti swasembada dalam memenuhi kebutuhan pokok dan menghalangi dominasi negara lain atas ekonomi dalam negeri.

Globalisasi menyadarkan kita beratnya bertahan hidup dalam arus Globalisasi , Globalisasi ini tidak lain adalah bentuk perang modern yang mempertarungkan ideologi, kekuatan ekonomi kebudayaan dan peradaban.

Indonesia dalam konteks Global adalah negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam, kebudayaan dan sangat potensial dijadikan sebagai pasar oleh negara-negara maju, Maka pemahaman terhadap kearifan lokal menjadi sangat penting bagi pelaku ekonomi dan dunia bisnis.

Buku ini membahas tentang Membumikan kearifan lokal dalam kemandirian ekonomi, dimana kearifan Lokal sebagai kekuatan sekaligus kekayaan bangsa sehingga menjadi solusi untuk menguatkan bangsa dari segi tantangan Globalisasi.

Buku ini ditulis Dr. Patta Rapanna, S.E., M.Si. Pria kelahiran Ujung Pandang pada tanggal 5 November 1975 menempuh Pendidikan Magister di Universitas Hasanuddin Makassar (2004), kemudian pendidikan strata tiga (S3) di Program Studi Administrasi Publik di Universitas Negeri Makassar (2013).

Buku ini di maksudkan menjadi salah satu acuan agar seluruh elemen baik unsur pemerintah, swasta, masyarakat, peran para tokoh dan pemuka masyarakat untuk bersama sama melestarikan kearifan lokal dalam setiap aktivitas keseharian (raynton/ila nurul falah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *