Prof Tahir Kasnawi Pimpin Kafilah Unhas ke Konferensi Sosiologi di Medan

WARTALLDIKTI9.COM – Ketua Prodi S3 Sosiologi PPs-Unhas, Prof Dr. Tahir Kasnawi, SU memimpin kafilah Unhas dalam konferensi Sosiologi VIII di Medan 31 Maret-2 April 2019.

Demikian ditegaskan salah seorang anggota kafilah Unhas, Dr.Rahmat Muhammad, M.Si kepada media Minggu (31/3/2019).

Dijelaskan, Unhas pada konferensi sosiologi yang digelar Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia (APSSI) ini, mengirim delapan utusan.

Para anggota kafilah ini sekaligus mewakili tiga program studi sosiologi yang dibina Unhas. Prof Dr Tahir Kasnawi, SU adalah Ketua Prodi S3 Sosiologi PPs-Unhas, tegas mantan Wakil Dekan III Fisip Unhas ini.

Selain itu juga ada Ketua Prodi S2 Sosiologi PPs, Dr. Suparman, M.Si, Ketua dan Sekretaris Prodi S1 Sosiologi Unhas, Dr. Mansur Radjab, M.Si dan Dr. Ram;I AT.

Anggota rombongan lainnya, Ketua Ikatan Sosiologi Indonesia (ISI) Sulsel, Drs. Muhammad Iqbal Latief, M.Si serta Dr. Ansar Arifin, M.Si dan Hasbi, M.Sc, Ph.D, tandas mantan Ketua Prodi S1 Sosiologi Fisip Unhas ini.

Konferensi ini digelar rutin setiap tahun dan berpindah selaku tuan rumah ibu kota provinsi yang ada perguruan tinggi mengelola prodi sosiologi, ungkap Rahmat.

Kota tempat konferensi ini pernah di Mataram 2018, Manado, Makassar, Yokyakarta serta Padang.

Saat ini APSSI dipimpin Ketua Umum, Dr. Ida Ruwaida Noor, M.Si, sehari-hari adalah dosen sosiologi di Fisip Universitas Indonesia Jakarta.

Tema Konferensi Sosiologi 2019 adalah, Manajemen Bencana dan Kebencanaan di Negara Cincin Api: Perspektif dan Kontribusi Sosiologis.

Hari kedua konferensi dilanjutkan dengan Workshop Kurikulum Prodi Sosiologi dengan pengantar Workshop, Wakil Ketua Bidang Pendidikan APSSI, Dr. Suharko.

Materi selanjutnya, Membangun Model Kurikulum Sosiologi: Refleksi Diri dan Arah Transformasinya dengan narasumber, Dr Linda Darmajanti MP dosen Universitas Indonesia dan Asesor BAN-PT, didampingi moderator, Prof Subhilhar (USU)

Ada juga materi Kisi-Kisi Capaian Pembelajaran Sosiologi, khususnya Lulusan Pascasarjana , fasilitator Dr Ricardi Adnan (Ketua Prodi Pascasarjana Sosiologi UGM) serta para ketua Prodi Pascasarjana Sosiologi.

Panitia lokal konfrensi sosiologi 2019 adalah Prodi S1 Sosiologi Fisip Universitas Sumatera Utara (USU) dan Penanggungjawab Konfrensi Nasional VIII di Medan adalah, Dr. Harmona Daulay, M.Si sehari-hari adalah Ketua Prodi S1 Sosiologi USU. (yahya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *