UT Telah Berevolusi Jadi PTJJ Modern

WARTALLDIKTI9.COM, BATAM – Universitas Terbuka (UT) dalam rentang waktu 34 tahun telah berevolusi menjadi Perguruan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ) yang modern.

Saat ini dengan jumlah mahasiswa sekitar 325 ribu orang menyebar di seluruh Indonesia dan 36 negara di dunia.

Demikian materi yang diberikan Rektor UT, Prof Drs Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D, saat menjadi nara sumber best prastice pada Rakerwil 2019 LLDIKTI IX Sulawesi di Nagoya Hill Hotel Kota Batam, Senin 22 April 2019.

Sukses story dari UT, sehingga Kemenristekdikti RI diminta membantu memberi pendampingan dan pembelajaran agar punya kapasitas dan bisa mengintegrasikan kemajuan teknologi dalam pembelajaran, tegas Ojat.

Evolusi teknologi full online UT dilakukan pada registrasi mahasiswa, bahan ajar buku teks interaktif.

Sistem ujian online berbasis website juga sudah dilakukan sehingga semakin memudahkan dalam proses akses informasi.

PTJJ yang telah dilakukan UT menjadikan kampus yang datang ke rumah-rumah mahasiswa, tegasnya.

Pembelajaran online UT sangat senang untuk berbagi agar bisa diimplentasikan bagi kampus yang sudah dapat izin PTJJ, katanya.

Saat membawakan materi Rektor UT ini didampingi moderator, Prof Dr. Nasir Hamzah M.Si dan turut hadir Kepala UPJJ UT Batam, Elliaki Gulo, SE, MM.

Kepala LLDIKTi IX Sulawesi Prof Dr Jasruddin, M.Si kesempatan itu mengatakan, pengalaman UT mengelola PTJJ agar dapat dibagi dengan kampus yang ada di jajaran LLDIKTI IX Sulawesi, tegasnya.

Rakerwil 2019 LLDIKTI dihadiri 197 kampus PTS dan PTS dengan peserta sebanyak 233 orang.

Pelaksanaan Rakerwil LLDIKTI IX kedua kalinya di gelar di Batam, sebelumnya 2011 saat masih bernama Kopertis IX Sulawesi dengan Koordinator Kopertis IX Sulawesi, Prof Dr Muhammad Basri Wello MA.

Demikian Humas Rakerwil 2019 LLDIKTI IX di Pulau Batam, Muhammad Yahya melaporkan. (ma’ruf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *