Dosen S2 Pendidikan Fisika PPs-UNM Workshop Pembelajaran Berbasis Karst di Maros 

WARTALLDIKTI9.COM – Dosen Prodi S2 Pendidikan Fisika PPs-UNM menggelar pengabdian kepada masyarakat dengan in service workshop pengembangan pembelajaran berbasis karst di Maros.

Workshop ini bertempat di Baruga Utama Bantimurung Taman Nasional Babul Kawasan Karst Maros awal Mei 2019.

Kegiatan diikuti 24 peserta berasal dari para guru IPA melakukan kerjasama dengan MGMP se-Kabupaten Maros.

Demikian ditegaskan Ketua Tim Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) PPs-UNM, Dr. Muhammad Arsyad, MT kepada media Jumat (31/5/2019).

Dijelaskan,  kawasan karst Maros punya kandungan batu kapur (CaCO3) tinggi  terhampar pada daerah luas. Batu kapur jadi  bahan baku semen. Topografi  cukup landai, sehingga memungkinkan mobilisaisi alat  berat untuk  beroperasi cukup mudah.

Investasi besar-besaran dimulai dengan masuknya perusahan besar, Beberapa sekolah yang terdapat di sekitar Kawasan Karst Maros mulai sekolah dasar hingga sekolah menengah.

Akibatnya, peserta didik sudah terbiasa  lingkungan alami kawasan karst. Kawasan  mempunyai sungai permukaan, air terjun, danau, gua, ekosistem kupu-kupu, topografi berupa permukaan yang bervariasi dan lainnya.

Kekayaan alam ini sangat erat kaitannya dengan pembelajaran fisika, terutama pengukuran, zat dan energi, fluida statika dan dinamika, proses perubahan energi, dan lainnya, katanya.

Sumber belajar yang dikemukakan itu  dapat digunakan mencapai kompetensi menunjukkan bahwa pembelajaran IPA SMP  berkaitan dengan fenomena alam.

Tugas guru  merancang pembelajaran berdasar pengalaman peserta didik. Sehingga   mengantisipasi kesulitan dialami guru.

Maka diperlukan terobosan kegiatan dengan melibatkan Tim  Dosen dari Program Studi Pendidikan Fisika S2 Pascasarjana UNM Makassar dengan judul PKM Bagi Guru IPA Fisika  se Kabupaten Maros, tegasnya.

Pada acara ini tampil selaku pemateri dari PPM PPs-UNM, ketua tim adalah, Dr. Muhammad Arsyad, MT, didampingi anggota tim Dr. Helmi, M.Si. dan Dr. Khaeruddin, S.Pd., M.Pd.

Saat pembukaan turut hadir Ketua DPRD Maros, A.S. Chaidir Syam, S.Ip dan tamu undangan lainnya. (yahya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *