Upacara Hari Lahir Pancasila LLDIKTI IX Dihadiri ASN dari Jakarta, Kupang dan Maluku Papua  

WARTALLDIKTI9.COM – Suasana upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila, Sabtu  1 Juni 2019 di halaman kantor LlDIKTI IX Sulawesi berlangsung tampil beda.

Hal itu disebabkan hadirnya Aparatus Sipil Negara (ASN) asal daerah Jakarta, Kupang serta Maluku dan Papua.

ASN dari luar daerah itu berbaur bersama para dosen dan pengawai LLDIKTI IX menjadi peserta upacara dengan menggunakan baju putih dan celana warga gelap.

Tetapi peserta dari luar dan ada dosen LLDIKTI IX hadir menggunakan pakaian Korpri.

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi Prof Dr Jasruddin, M.Si tampil menjadi pembina dengan membacakan sambutan tertulis Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI (BPIP RI), Hariyono.

Hariyono mengatakan, Pancasila suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai nilai Pancasila harus dilakukan secara terus menerus.

Pancasila harus tertanam dalam hari yang suci dan diamalkan dalam kehidupan seha-hari, tandasnya.

Pada sambutan lepasnya Prof Jas panggilan Jasruddin, menegaskan suasana peringatan hari besar nasional, kali ini terbanyak pesertanya.

Hal ini semoga menjadi penanda semakin tinggi kesadaran para peserta upacara akan arti penting Pansacila sebagai alat pemersatu.

Pasca penetapan hasil Pilpres RI 2019, berarti sudah tidak ada lagi istilah 01 dan 02 tetapi yang ada adalah 1 ditambah 2 menjadi 3 berarti persatuan Indonesia dalam sila Pancasila, tegas mantan Direktur PPs-UNM ini.

Nampak hadir dalam upacara itu Plt Sekpel LLDIKTI IX Sulawesi, Muhammad Amir, SH, MH.

Munawir Sadzali Razak, S.Ip., MA (Kabag Kelembagaan dan Sistem Informasi LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo).

Drs Andi Lukman, M.Si (Kabag Akademik dan Kemahasiswaan LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi) dan Ichsan Kasnul Faraby, S.Sos, M.Si (Kabag Sumber Daya Perguruan Tinggi LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi.

Pimpinan kampus yang hadir, Rektor Unismuh Makassar, Prof. Dr. H. Abdul Rahman Rahim SE, MM, Rektor Unasman Polman, Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin, M.Si, Rektor UPRI Makassar, Dr. H. Abd Azis DP, MH dan yang lainnya. (yahya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *