Kaji Etika Guru dan Siswa Antar Dosen UCP Raih Doktor di UNM

WARTALLDIKTI9.COM – Peristiwa tutur pada dasarnya rangkaian tindak tutur yang terorganisasi untuk mencapai tujuan. Penggunaan tindak tutur dalam pembelajaran dapat menanamkan pendidikan karakter.

Hal itu mendasari Marlia Muklim meneliti dalam rangka menyusun disertasi dengan judul Etika Tindak Tutur Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Palopo yang dipertahankan pada sidang ujian promosi doktor, Selasa (25/6) di Aula AD Lantai 5 PPs UNM.

Sidang ujian promosi doktor dipimpin Prof.Dr.Baso Jabu,M.Hum., dengan anggota Prof.Dr.Achmad Tolla,M.Pd., Prof.Dr.Jasruddin,M.Si., Prof.Dr.Anshari,M.Hum., Dr.Muhammad Saleh,M.Pd., Dr.Ramly,M.Hum., Dr.Mayong,M.Pd., dan Dr. Muh. Bakri,M.Pd.

Temuan penelitian dosen Universitas Cokroaminota Palopo (UCP) adalah Pertama, etika tindak tutur guru digunakan sebagai strategi guru untuk mengakrabkan siswa sehingga muncul suasana riang dan tanpa tekanan dalam pembelajaran.

Kedua, etika tindak tutur siswa digunakan membangun keakraban dalam memerintah temannya. Siswa juga menggunakan dialek agar terjalin keakraban sesama siswa dalam bentuk nonformal.

Dewan penguji menetapkan Marlia Muklim dinyatakan lulus dengan IPK 3,88 atau predikat kelulusan sangat memuaskan. Doktor ke -788 PPs dan ke-63 Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Menurut Prof.Dr.Anshari,M.Hum. kajian Dr. Marlia Muklim,S.Pd.,M.Pd. sangat bermanfaat bagi pendidikan karakter di lingkungan pendidikan karena berkaitan dengan kesantunan dalam berkomunikasi. (ma’ruf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *