Wakil Rektor IV UCM Ini Lukman Daris Masuk Bursa Balon Bupati Maros

WARTALLDIKTI9.COM – Nama Wakil Rektor IV Bidan Pengembangan dan Kerjasama Universitas Cokroaminoto Makassar (UCM), Dr Lukman Daris, S.Pi, M.Si, masuk dalam bursa bakal calon (balon) Bupati Maros periode 2020-2025.

Sosok birokrat di Maros ini, pada perbincangan di beberapa komunitas dan kelompok masyarakat Maros. Namanya sudah mulai masuk dalam pembicaraan bursa balon bupati yang akan menggelar pilkada akhir 2020.

Doktor ilmu-ilmu pertanian PPs-Unhas ini, cukup lama berkarier di Maros pada dua bupati yang pernah memerintah periode Andi Najamuddin dan Bupati Hatta Rahman.

Selaku birokrat dia cukup dekat dan mengenal secara mendalam masyarakat pada semua lapisan di Maros.

Sejak 1998 mulai jadi birokrat di kantor Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Maros. Kasubag Program dan Kepegawaian pada Dinas Perikanan Maros 2003.

Kabid Perikanan dan Kelautan Dinas Perikanan dan Kelautan dan Peternakan Maros 2008. Pada 2009 jadi Kepala Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Maros.

Pada 2010-2014 menjadi pejabat fungsional Penyuluh Perikanan Maros. Sejak 2014 beralih institusi pada Kemenristekdikti dengan jadi Dosen Dipekerjakan LLDIKTI IX.

Pengalaman selama jadi birokrat telah menjadi modal sosial untuk ikut dalam pertarungan pilkada Maros.

Selama empat tahun bersentuhan langsung dengan para nelayan dan masyarakat pantai di Maros selaku tenaga penyuluh.

Modal sosial lain yang dimiliki Lukman, salah seorang deklaratos ICMI Muda Maros, Unasur Ketua KAHMI Maros. Aktif pada MKGR Maros, Barisan Muda Kosgoro Maros, Sekretaris Kerukunan Keluarga Bone Maros.

Selain itu kedekatan dengan para petani juga tidak disangsikan Lukman diberi amanah menjadi Ketua Wilayah Gerakan Tani Syarikat Islam Indonesia (Gertasi) Sulsel.

Kehadiran organisasi petani di pelosok desa dan kampung ini akan menjadi jalur untuk lebih memperkalkan dan mensosialisasikan diri.

Para kandidat yang bakal ikut bertarung Pilkada Maros selain Chaidir Syam, menguat juga HA Harmil Mattotorang (Wakil Bupati Maros), HA Patarai Amir (Ketua Partai Golkar Maros), Suhartina Bohari (anggota DRPD Maros), A Muh Irfan AB dan Wawan Mattaliu (anggota DPRD Sulsel).

Ada juga balon Hasmin Badoa (Ketua PPP Maros), M Yunus Tiro (Ketua KAHMI Maros), A Ilham Nadjamuddin (birokrat), Prof Yusran Yusuf (Akademisi) dan beberapa figur lainnya. (ma’ruf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *