LPPM Unismuh Kendari Adakan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Ikan

WARTALLDIKTI9.COM – Sebagai wujud pengabdian pada masyarakat, LPPM Universitas Muhammadiyah Kendari mengadakan penyuluhan dan pelatihan penanganan limbah sederhana.

Kegiatan ini bertempat di Kelurahan Benu Benua Kota Kendari Sulawesi Tenggara dan berlangsung pada Sabtu-Minggu, 3 -4 Agusutus 2019

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah mengajak dan mengajarkan cara memanfaatkan limbah secara sederhana.

Salah satunya adalah pengolahan limbah ikan dengan proses fermentasi menggunakan biokomposer, untuk mengurai limbah hasil pengolahan ikan yang merupakan jeroan di wilayah sekitar TPI Sodohoa Kendari.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini diisi dengan 2 mata acara, termasuk di hari pertama diisi dengan penyuluhan dan hari kedua diadakan pelatihan pembuatan pupuk organik limbah hasil perikanan.

Selain itu, akan diadakan kegiatan lanjutan berupa pendampingan kelompok masyarakat mitra yang memanfaatkan limbah hasil pengolahan ikan untuk dijadikan pupuk organik.

Pupuk tersebut nantinya akan coba digunakan sebagai pupuk untuk kebutuhan tanaman sayur di daerah Baruga (wilayah kelompok mitra petani).

Animo masyarakat sangat baik menyambut kegiatan ini. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang datang dan memadati lokasi kegiatan. Sejumlah 35 orang peserta pelatihan yang juga merupakan masyarakat yang tinggal di sekitar TPI Sodohoa.

Kegiatan ini merupakan program yang didanai oleh DRPM Ristekdikti. Kegiatan ini merupakan program monotahun.

“Penumpukan limbah yang tidak tertangani secara tepat menyebabkan pencemaran lingkungan, termasuk air laut yang menjadi sasaran tempat membuang limbah ini.

Efek lain bau yang kurang sedap sehingga mengganggu kesehatan dan secara estetika menimbulkan kesan kurang nyaman bagi pengunjung TPI Sodohoa.

Jadi kami sangat berharap kegiatan ini bisa menjadi solusi untuk masalah tersebut.” Ungkap Dr. Rosmawati, S. Pt., M. Si selaku penanggung jawab kegiatan.(ila)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *