STIKES Mega Buana Palopo Jalin Kerjasama Dua Universitas di Rusia

WARTALLDIKTI9.COM – Kampus STIKES Mega Buana Palopo terus menjalin kerjasama dengan berbagai kampus di beberapa negara.

Awal Agustus 2019, kerjasama ditandatangani dengan dua kampus yakni Tomsk State University dan People Friendship University of Rusia.

Kepada media Minggu (4/8/2019) dari Rusia Ketua STIKES Mega Buana Palopo, Dr Nilawati Uly, S Si, Apt, M.Kes
melaporkan, penandatangan kerjasama itu semakin memberi nilai tawar dan kualitas bagi proses pembelajaran di kampus.

Saat penandatangan 1 Agustus 2019 dengan Universitas Tomsk di wakili oleh Prof Artem Yu. Rykun sehari-hari adalah Wakil Rektor Urusan Internasional.

Sedangkan dengan People Friendship University of Rusia (RUDN) ditandatangani oleh Rektor RUDN, Prof Vladimir Filippov pada tanggal 1 Agustus 2019.

Inti kerjasama itu, membangun kerangka kerja sama di bidang sains, teknologi, dan pendidikan di antara kedua pihak untuk secara bersama dan kapasitas bersama di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan pendidikan, katanya.

Menghasilkan dan berbagi pengetahuan baru dan pengembangan produk dan layanan inovatif di bidang sains, teknologi dan pendidikan, tergantung pada sumber daya yang tersedia untuk para pihak.

Memfasilitasi kepemilikan pihak dalam bidang sains, teknologi, dan pendidikan kapan pun hal itu sesuai,tegasnya.

Tomsk State University (TSU) adalah universitas klasik terbesar di bagian Asia Rusia dan pusat sains, pendidikan, dan inovasi yang diakui. Didirikan 28 Mei 1878 berdasarkan Dekrit Kaisar Alexander II sebagai Imperial Tomsk University, katanya.

Staf Universitas Negeri Tomsk telah memasukkan 31 anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, Akademi Ilmu Kedokteran Rusia, dan Akademi Ilmu Pengetahuan CIS, lebih dari 50 pemenang Hadiah Negara, dan 2 pemenang Hadiah Nobel.

Lebih dari 150.000 lulusan TSU dan universitas itu sendiri telah mempengaruhi kemajuan kehidupan pendidikan, ilmiah, dan budaya di wilayah tersebut dan Rusia secara umum, ungkapnya.

Saat ini, ada 21 fakultas dan lembaga pendidikan, 24 dewan disertasi, dan 42 sekolah ilmiah terkemuka dan ada lebih dari 15.000 siswa.

Jumlah siswa internasional terus meningkat; saat ini ada sekitar 2.000 siswa dari 39 negara.

Sejak 2006, TSU telah menjadi anggota Asosiasi Universitas Eropa (EUA).

Pada tahun 2010, Universitas Negeri Tomsk memenangkan kompetisi untuk status Universitas Riset Nasional, satu dari 15 di negara tersebut.

Pada tahun 2016, TSU mendirikan Unit akademik strategis – institut pascasarjana interdisipliner berfokus pada studi transformasi yang terjadi pada manusia, masyarakat, dan lingkungan alami dan buatan manusia. (maruf/yahya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *