Universitas Cokroaminoto Makassar Buka Fakultas Agama Islam

WARTALLDIKTI9.COM – Universitas Cokroaminoto Makassar (UCM) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang terbilang cukup lama di Sulawesi Selatan.

UCM didirikan dan diselenggarakan oleh Yayasan “SARI” Sulawesi Selatan pada tanggal 24 April 1968.

“PTS ini milik organisasi Syarikat Islam,” jelas Sekretaris Yayasan SARI, Dr. Johari Rugani, MA.

Lanjutnya, UCM merupakan salah satu PTS milik organisasi Islam “Syarikat Islam” sudah sepantasnya memiliki Fakultas Agama Islam.

Untuk itulah pada periode Oktober 2018 yang lalu mengusulkan pendirian Fakultas Agama Islam ke Kementerian Agama RI.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 458 Tahun 2019 tertanggal 22 Mei 2019.

Tentang Izin Pembukaan Fakultas Agama Islam pada Universitas Cokroaminoto Makassar yang disertai izin pembukaan program studi Pendidikan Agama Islam (S1) dan program studi Ekonomi Syariah (S1).

Dengan demikian, UCM khusus tahun 2019 ini telah berhasil membuka 4 program studi baru, yaitu Prodi Akuakultur (S1), Prodi Administrasi Rumah Sakit (S1).

Prodi Pendidikan Agama Islam (S1), dan Ekonomi Syariah (S1), sehingga UCM saat ini telah memiliki 10 prodi.

“Diantaranya 9 prodi program Sarjana (S1), 1 prodi program Diploma (D3),” tutur Ketua Tim Pendirian Prodi Baru, Dr. Lukman Daris, S.Pi., M.Si.

Dr. Lukman Daris selaku Wakil Rektor IV bidang Pengembangan dan Kerjasama UCM, terus berusaha untuk mengembangkan UCM melalui pembukaan prodi baru.

Peningkatan mutu SDM dosen dan kualitas pembelajaran di UCM, sehingga lulusan yang dihasilkan bisa bersaing untuk mendapatkan dan membuka lapangan kerja di era revolusi industri 4.0.

Dr. Lukman Daris, Ketua Gerakan Tani Syarikat Islam Prov. Sulawesi Selatan menjelaskan saat ini adalah bagaimana PTS milik Syarikat Islam yang tersebar di Indonesia.

Termasuk UCM ini, mengembangkan dirinya, dengan melakukan penataan struktur organisasi dan tata kelola akademik yang baik sehingga tercipta budaya kerja.

“Selain itu menciptakan budaya akademik yang lebih efisien dan kompetitif,” jelas anggota Tim Pembinaan dan Pengembangan Perguruan Tinggi Syarikat Islam (TP3SI). (nikita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *