Universitas Cokroaminoto Makassar Satu-Satunya PTS Ditunjuk Menjadi Lembaga Pemeriksa Halal Di Sulawesi

WARTALLDIKTI9.COM – Melalui Surat Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI Nomor B-833/BD.ll/P.ll.lll.2/Kp.02.1/03/2019.

Menetapkan Yayasan Sari Sulawesi Selatan selaku penyelenggara pendidikan tinggi Universitas Cokroaminoto Makassar (UCM) menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sulawesi menjadi Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).

Untuk melihat kesiapan LPH UCM selaku lembaga pemeriksa dan penilai produk dan sarana produk halal yang akan beroperasi tahun 2020 nanti.

Maka BPJPH Kemenag RI melakukan visitasi kesiapan LPH mulai tanggal 19-21 Desember 2019.

Tim visitasi dari Kemeterian Agama RI, Ariyadi, Kasubid Pemantau dan Evaluasi Standar JPH, dan Suyono, Kasubid Standarnisasi RPH, Jasa dan Penerbitan Akreditasi LPH.

Kesempatan itu, Ariyadi menegaskan untuk tahun 2019, BPJPH Kemenag RI telah melakukan visitasi kesiapan beberapa calon LPH yang ada di Indonesia

Khusus di Sulawesi Selatan telah divisitasi 3 perguruan tinggi, yakni; Universitas Hasanuddin, UIN Alauddin Makassar dan Universitas Cokroaminoto Makassar.

Universitas Cokroaminoto Makassar menjadi satu-satunya PTS yang ada di wilayah Sulawesi telah divisitasi dan siap menjadi lembaga pemeriksa halal tahun 2020 nanti, tegas Ariyadi didepan para calon auditor LPH UCM.

Dr. Lukman Daris, S.Pi., M.Si yang ditunjuk selaku Kepala LPH UCM telah mempersiapkan secara matang kesiapan LPH UCM menjadi salah satu LPH yang siap beroperasi pada tahun 2020.

Kesiapan tersebut terlihat dari proses rekrutmen calon auditor; pemaparan visi, misi, dan program kerja; penyusunan pedoman mutu dan standar mutu; kesiapan laboratorium yang terakreditasi baik milik sendiri maupun lewat mitra kerjasama, tandas Ariyadi diakhir sambutannya.

Turut hadir dalam visitasi yakni; Rektor UCM, Prof. Dr. H. M. Tahir Kasnawi, SU, Kepala LPH UCM, Dr. Lukman Daris, S.Pi., M.Si, Sekretaris Yayasan Sari Sulawesi Selatan, Dr. Johari Rugani, MA dan Hj. Ridha, SE., MM, Bendahara Yayasan Sari.

Selain itu, turut hadir juga Wakil Rektor II UCM, Roswiyanti, SE., MM Sekretaris LPH UCM, Andi Ummung Sulolipu, S.P., M.Si, dan Koordinator Auditor LPH UCM) Dr. Ismail Marzuki, S.Si., M.Si.

Dr. Lukman Daris mengemukakan bahwa LPH UCM saat ini telah memiliki 14 orang calon auditor dan 11 orang diantaranya telah memenuhi syarat pendidikan yang layak untuk diangkat menjadi auditor.

Syarat pendidikan minimal seorang auditor adalah berpendidikan S1 dibidang kimia, biologi, farmasi, gizi, teknologi pangan, teknologi hasil pertanian dan perikanan.

LPH UCM juga telah menyiapkan laboratorium pemeriksaan produk halal sebanyak 4 unit, yaitu laboratorium Fakultas Perikanan UCM, laboratorium Kesehatan Dasar Fakultas Kesehatan UCM, laboratorium Biologi dan Fisika SMA Cokroaminoto.

Serta laboratorium Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAPPP) Maros milik Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

“Laboratorium milik BRPBAPPP Maros sudah bisa kami gunakan karena LPH UCM dan BRPBAPPP telah melakukan perjanjian kerjasama dalam hal penggunaan sarana dan prasarana laboratorium beserta tenaga ahlinya” jelas Dr. Lukman Daris yang juga Ketua DPW Gertasi Prov, Sulsel di ruang kerjanya. (Ma’ruf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *