Akbid Pelamonia Makassar Gelar Pelatihan Mengelola Referensi Gunakan Mendeley

WARTALLDIKTI9.COM, MAKASSAR.- Karya ilmiah merupakan bagian penting dari dunia pendidikan. Dengan aplikasi Mendeley dapat memudahkan penyusunan berbagai bentuk tulisan karya ilmiah seperti tugas makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian, dan Jurnal Ilmiah.

Mendeley desktop dapat memungkinkan untuk memperkaya sumber referensi riset, hasil penelitian, menyusun tulisan sesuai prosedur pengutipan dan sitasi yang benar, mengelola dokumen referensi serta dapat pula membantu penulis mengetahui perkembangan riset terkini.

Dalam rangka menfasilitasi dosen, pustakawan, dan mahasiswa dalam belajar manajemen referensi, Direktur Akbid Pelamonia Mayor Ckm (K) Ruqaiyah, S.ST.,M.Kes. M.Keb melalui bagian UP2M Akbid Pelamonia menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Mendeley, yang dilaksanakan di ruang rapat Akbid Pelamonia Makassar pada tanggal 6 sampai 7 Maret 2020.

Ahmad Yani, SKM.,M.Kes, selaku narasumber menjelaskan citation atau sitasi tidak dapat dilepaskan dari sebuah karya tulis ilmiah.

Sitasi menjadi sangat penting dalam penulisan seperti karya tulis ilmiah. Seringkali penulis pemula, mahasiswa dan masyarakat akademik pada umumnya, terjebak dalam tindakan yang salah karena kurang berhati-hati dalam sebuah sitiran.

Mendeley merupakan salah satu aplikasi pengelolaan referensi ilmiah Open Source yang dapat digunakan secara bebas oleh dosen, peneliti, dan mahasiswa untuk mengelola dokumen ilmiah dan referensi ilmiah.

Dalam pelatihan ini, peserta dibimbing secara intensif mulai dari proses pendaftaran akun, instalasi aplikasi Mendeley Desktop, pengelolaan referensi ilmiah, hingga sitasi dan bibliografi menggunkan Mendeley.

Diharapkan dengan adanya pelatihan pengelolaan referensi ilmiah menggunakan Mendeley ini dapat meningkatkan kualitas dan desiminasi penelitian dari dosen, peneliti, dan mahassiswa Akbid Pelamonia Makassar.

Selain itu, dengan adanya akun Mendeley, menjadi peluang dosen, peneliti, dan mahasiswa Akbid Pelamonia Makassar dapat lebih eksis pada kancah akademis, khususnya di dunia maya yang tentunya akan memberikan dampak positif bagi mereka dan juga bagi Akbid Pelamonia Makassar. (decy).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *