Pendidikan Dalam Bingkai Inovasi Bangsa

Oleh: Hasruddin Nur, S. Pd., M. Pd (Dosen Muda Universitas Sawerigading Makassar)

Hari Ini merupakan dimana pendidikan itu menjadi moment yang begitu berarti dan menjadi barometer untuk mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Pendidikan Adalah Kebutuhan Hidup. Kemajuan Suatu Bangsa tidak terlepas dari Bentuk pendidikan yang di miliki oleh bangsa tersebut.

Inovasi dan Terobosan baru selalu di kembangkan oleh Pemerintah guna untuk memajukan pendidikan yang ada di Republik ini.

Adanya Mardeka Belajar yang di gaungkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Merupakan Salah satu bentuk inovasi pendidikan yang ada di Indonesia.

Hari pendidikan bisa saya maknai secara sederhana adalah usaha untuk membina kepribadian dan membentuk integritas dalam diri setiap insan manusia dengan tidak melupakan nilai-nilai kebudayaan yang ada.

Dari sinilah kita mendengar tentang Pendidikan itu sudah ada sepanjang peradaban ummad manusia. Karena pada hakekatnya pendidikan adalah bagaimana untuk bisa melestarikan hidup seseorang.

Sekolah adalah institusi sosial yang didirikan oleh masyarakat untuk melaksanakan tugas-tugas pendidikan kepada generasi muda.

Dalam konteks ini pendidikan dimaknai sebagai proses untuk memanusiakan manusia untuk menuju kepada kemanusiaannya yang berupa pendewasaan diri seseorang.

Melalui pendidikan pola pikir, nilai-nilai, norma masyarakat dan selanjutnya ditransformasikan dari generasi ke generasi untuk menjamin keberlangsungan hidup sebuah bangsa.

Tantangan pendidikan kedepannya adalah bagaimana kita mampu melestarikan kebudayaan bangsa kita, mampu bersinergi dengan semua lapisan untuk memajukan bangsa melalui dunia pendidikan, serta mampu menanamkan nilai karakter yang berintegritas kepada generasi bangsa.

Harapan Bangsa untuk kedepannya tidak terlepas dari para generasi muda yang memiliki pemikiran ide yang cemerlang, memiliki gagasan untuk memajukan bangsa, mampu membuat inovasi untuk berkarya serta memiliki integritas dalam pengambilan sebuah keputusan.

Maju terus pendidikan indonesia, Teruslah Berinovasi guna untuk mencapai tujuan Bangsa. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *