Mahmud Nuhung Direktur Humas Unismuh Makassar Siapkan Diri Jadi Relawan Uji Coba Vaksin Corona-19

WARTALLDIKTI9.COM,MAKASSAR. —Direktur Humas dan Kerjasama Unismuh Makassar, Dr H Mahmud Nuhung MA, secara tulus ikhlas menawarkan diri kepada negara untuk ikut jadi salah seorang relawan uji coba vaksin Covid-19.

“Saya siap demi bangsa dan negara menjadi salah seorang relawan uji coba vaksin Covid-19,”ujar aktifis Angkatan Muda Muhammadiyah era 70-an hingga sekarang kepada media, Senin, 17 Agustus 2020.

Alasan menyiapkan diri jadi relawan uji coba vaksin Covid-19, semata mata demi manusia dan kemanusiaan dengan tetap memperhatikan sisi hukum, halal dan baik dimanfaatkan bagi ummat manusia, karena di negara Indonesia ini terdiri dari beragam suku, ras, agama yang dianut masing-masing warga masyarakat.

Kemudian siap mengikuti seluruh prosedur ketentuan peraturandan perundangan undangan yang jadi prasyarat relawan ujicoba klinis vaksin Covid-19, termasuk tes SWAB dan pemeriksaan kesehatan lainnya.

Apa yang ingin dilakukan dan dikerjakan Mahmud Nuhung dengan segala risiko sudah siap, karena yang dilakukan adalah untuk membantu pemerintah secara komprehensif bersama orang lain uji coba vaksin Covid-19 ini, Insyalaah akan berhasil dan sukses sehingga masyarakat yang mayoritas penduduk Indonesia produktif dapat diharapkan 5-10 tahun ke depan, jadi benteng masyarakat yang dapat diharapkan membangun dan memperkokoh kehidupan berbangsa dan bernegara.

Mahmud Nuhung sangat optimis vaksin Covid-19 yang akan diujicobakan kepada relawan akan berhasil.

Sehingga dirinya ikut mendorong masyarakat lainnya untuk ikut berpartisipasi menyukseskan percobaan penggunaan vaksin Covid-19, agar bangsa ini akan mendapatkan derajat kesehatan yang lebih paripurna.

Alangkah baiknya kalau vaksin Covid-19 yang akan dicoba sebaiknya diracik dan dikembangkan di dalam negeri oleh lembaga biologi yang dimiliki universitas ternama di Indonesia seperti: UI,IPB, UGM, Unhas, USU dan diproduksi secara massal.

Kalau diracik dan diproduksi di Indonesia akan lebih cocok bagi masyarakat dan mudah di kontrol oleh pengguna vaksin ini.

Sejarah membuktikan, sebut Mahmud Nuhung, dulu ada satu penyakit virus yang sangat ditakuti, diantaranya cacar dan itu dapat diatasi sampai sekarang ini.

Sekadar diketahui sejumlah pejabat yang telah mendaftarkan diri sebagai relawan uji coba klinis vaksin Covid-19, sebagaimana dilansir dalam berbagai media.

Para relawan itu diantaranya, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Letjen TNI Doni Monardo

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufariadi dan masih banyak lagi pejabat negara lainnya. (Ulla/Yahya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *