Prodi Pendidikan Sosiologi FKIP Univesitas Megarezky Usai Asesmen Lapangan 

WARTALLDIKTI9COM, MAKASSAR .- Program Studi Pendidikan Sosiologi telah selesai menjalani proses Asesmen Lapangan (AL) secara daring dengan perwakilan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk penilaian akreditasi pada hari Rabu – Kamis (21–22/10/2020).

Asesor BAN-PT yang bertugas pada AL tersebut adalah Andreas Ambrosius Susanto, Ph.D. (Universitas Atma Jaya Yogyakarta) dan Dr. Awaluddin Hamzah, S.P., M.Si (Universitas Halu Oleo). Proses AL selama dua hari berjalan dengan lancar tanpa halangan yang berarti.

Pada hari pertama AL diawali dengan acara pembukaan. Pada kesempatan itu selain para Asesor, Wakil Rektor dan Dekan FKIP Unimerz Dr. Abdul Malik Iskandar, M.Si turut memberikan sambutannya. Disampaikan oleh Abdul Malik bahwa untuk proses akreditasi ini telah dilakukan persiapan secara matang. Sehingga apapun hasilnya diharapkan adalah yang terbaik untuk Prodi Pendidikan Sosiologi FKIP Universitas Megarezky.

Sementara itu Andreas Ambrosius Susanto, Ph.D menyampaikan bahwa beliau dan Dr. Awaluddin Hamzah, S.P., M.Si pada dasarnya hanya bertugas untuk melakukan verifikasi atas borang yang sudah dikirim Prodi Pendidikan Sosiologi ke BAN-PT melalui akun Sapto.

“Ini adalah proses sharing, kami harap akan ada good practice dari Prodi Pendidikan Sosiologi yang bisa kita tiru atau sebaliknya. Kita ingin semua itu ujung-ujungnya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negara ini,” ungkap Andreas

Usai pembukaan, acara kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi Borang IIIB Fakultas dan Borang IIIA Prodi. Terdapat tujuh standar yang ditinjau sebagai dasar penilaian, meliputi (1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, (2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) sumber daya manusia, (5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, (6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, (7) penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama. Pada hari yang sama, proses AL diisi dengan sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab terpisah masing-masing dilakukan dengan dosen, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan serta tenaga kependidikan. Sesi ini bertujuan untuk melakukan konfirmasi harapan, kepuasan atau masukan dari stakeholder.

Sementara itu pada hari kedua dilakukan pengecekan, penandatanganan berita acara AL serta penyampaian kesimpulan dari proses AL yang telah dilakukan asesor. Selanjutnya acara dilanjutkan sambutan penutupan AL Daring oleh Wakil Rektor III dan ditutup secara resmi oleh Asesor Ban PT.

Dari proses AL selama dua hari itu asesor menyampaikan beberapa masukan perbaikan, meliputi peningkatan jabatan dan kepangkatan dosen, evaluasi beban mengajar dosen, peningkatan penyelenggaraan kuliah tamu dengan pemateri dari praktisi dan pemerhati pendidikan, penyediaan buku/resource text di ruang baca/ perpustakaan dan lab sosiologi, peningkatan keterlibatan alumni dalam kegiatan kampus.

Hasil Asesmen Lapangan Daring akreditasi Prodi Pendidikan Sosiologi ini akan diumumkan beberapa minggu ke depan setelah melalui beberapa tahapan verifikasi lagi di BAN-PT, yaitu pemeriksaan oleh validator, dewan eksekutif dan majelis BAN-PT. (ulla)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *