Aparat Desa di Luwu Ramai Ramai Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri Universitas Terbuka

WARTALLDIKTI9.COM.LUWU. — Puluhan aparat desa dan kelurahan di Kabupaten Luwu ramai ramai lanjut studi kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Universitas Terbuka (UT) UPBJJ-UT Makassar, pada Pokjar UT Luwu.

Tahun akademik berjalan 2000.2, Pokjar UT Luwu untuk mata kuliah Pengantar Ilmu Sosiologi, terdaftar 15 mahasiswa ada 10 orang sehari hari adalah staf di kantor desa dan kelurahan yang menyebar di Kabupaten Luwu.

Salah seorang mahasiswa UT UPBJJ UT-Makasaar Pokjar UT Luwu, Harum kepada media Ahad (15/11/2020) mengatakan, pilihan lanjut kuliah di UT karena mendapat subsidi, tidak meninggalkan lokasi tempat kerja serta lebih mudah lagi karena kuliah secara daring, kata Sekretaris Desa Salu Induk Kecamatan Bua Ponrang Luwu ini.

Mahasiswa UT lainnya, Romi salah seorang aparat Desa Toddopuli Kecamatan Bua Luwu mengatakan, kuliah di UT karena salah satu kampus PTN di negeri ini.

Selain itu kampus UT tempat belajar dan menuntut ilmu yang pleksibel. Sehingga kampus ini cocok dengan orang-orang yang sudah mempunyai pekerjaan atau kesibukan lain.

Sisi lain kuliah di UT waktu yang digunakan termasuk singkat sampai selesai dan wisuda, kata Romi.

Salah seorang mahasiswa UT Pokjar Luwu, Samsuddin.Amin sehari hari adalah wiraswasta, dia katakan alasan kuliah di UT karena nya­man, belajar bisa kapan saja dan dimana saja. UT ini sangat cocok bagi mereka yang bekerja sambil kuliah.

Kuliah di UT ti­dak mengganggu aktivitas kerja kita. Biaya kuliah di UT relatif lebih murah dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya.

Menjalani kuliah di UT menjadi pribadi yang mandiri dan disiplin, karena dituntut untuk belajar ekstra keras, serta rintangan lebih berat dibanding dengan di universitas konvensional.

Daya tarik lain UT adalah universitas negeri, maka ijasahnya resmi dan tidak diragukan lagi, tandas Syamsuddin.

Tutor UT UPBJJ UT-Makasaar Pokjar Luwu, Dr. Muhammad Yahya, M.Si, mata kuliah Pengantar Ilmu Sosiologi, menambahkan, para mahasiswa UT Pokjar Luwu walau usia tidak lagi muda tetapi semangat belajar sangat tinggi dan luar biasa, tandas doktor sosiologi politik PPs-UNM ini.

Para mahasiswa UT ini rajin dan tepat waktu masuk kelas virtual dan suasana kelas daring dinamis dengan diskusi dan tanya jawab yang cukup ramai, ungkap Dosen Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar ini.

Saat ini UT dipimpin Rektor Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. Direktur Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Makassar, Drs Hasanuddin, M.Si. (ulla)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *