Prodi S2 Pemerintahan Unismuh Makassar Bakal Pertama di Kawasan Timur Indonesia

WARTALLDIKTI9.COM, MAKASSAR. — Program Studi Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makassar kini sedang melakukan penjajakan untuk pembukaan prodi S2 Ilmu Pemerintahan.

Guna mendapatkan informasi valid tentang persyaratan merintis pembukaan prodi S2 Ilmu Pemerintahan.

Maka Ketua Prodi S1 Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makasaar, Dr. Nuryanti Mustari, S.IP, M.Si, dan rombongan melakukan silaturrahmi dengan bagian Kelembagaan Kantor LLDIKTI IX, Senin (22/2/2021).

Rombongan prodi ilmu pemerintahan diterima oleh Koordinator Kelembagaan LLDIKTI IX, Ramli, S
Sos, M.Si dan salah seorang stafnya, Andi Ikhsan Baharuddin S.Sos, M.Si.

Pada kesempatan itu Ramli menekankan, pembukaan prodi S2 Pemerintahan, maka syarat utama adalah ketersediaan sumber daya dosen 5 orang dengan jenjang pendidikan doktor ilmu pemerintahan.

Jika sumber daya dosen ini terpenuhi bagi Unismuh Makassar sudah tidak diragukan lagi untuk segera membuka program magister ilmu pemerintahan.

Dari segi sarana dan prasarana juga cukup mendukung dengan bangunan kampus dan prasarana lain yang dimiliki, kata Muh Ramli.

Dijelaskan pula pada regulasi yang baru soal pemenuhan sumber daya dosen bisa saja hanya tiga dosen disiapkan, dua dosen dapat dilakukan pinjam pakai dari kampus lain dengan pendidikan doktor ilmu pemerintahan.

Aspek lain yang akan jadi bahan pertimbangan pembukaan magister ilmu pemerintahan, karena prodi ini bakal menjadi S2 Ilmu Pemerintahan yang pertama dikelola perguruan tinggi swasta di Kawasan Timur Indonesia.

Staf Koordinator Kelembagaan LLDIKTI IX, Andi Ikhsan Baharuddin S.Sos, M.Si, menambahkan, terkait dua dosen pinjam pakai dari kampus lain, harus ada naskah kerjasama yang di tandatangani kedua pimpinan tertinggi perguruan tinggi serta harus ada izin dari atasan.

Ketua Prodi S1 Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makasaar, Dr. Nuryanti Mustari, S.IP, M.Si, menambahkan, pembukaan S2 Ilmu Pemerintahan ini karena desakan kuat dari alumni S1 Ilmu Pemerintahan yang ingin melanjutkan studi jenjang magister ilmu pemerintahan di almamaternya, kata Korwil Sulawesi dan Indonesia Timur Asosiasi Ilmu Pemerintahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (AIPPTM) 2019-2023.

Saat ini ada tiga dosen Ilmu Pemerintahan yang sedang merampungkan jenjang studi S3 Ilmu Pemerintahan pada pengelola sekolah Pascasarjana di Universitas Padjajaran, UGM serta di Universitas Muhammadiyah Yokyakarta, kata peserta Sandwich di Universitas Ohio USA 2009 ini.

Pada acara silaturrahmi ini Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan didampingi, Sekretaris Prodi Ilmu Pemerintahan, Ahmad Harakan, S.IP, M.HI, Ketua Tim Kerja Pembukaan S2 Ilmu Pemerintahan, Dr. Amir Muhiddin, M.Si, Sekreteris, Rudi Hardi, S.IP, M.Si, dosen Fisip Unismuh Makasaar, Dr. Muhammad Yahya Mustafa, M.Si. (ulla).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *