UNM Terima Kunjungan SMA Islam Athirah Makassar

WARTALLDIKTI9.COM – Universitas Negeri Makasar (UNM) menerima kunjungan siswa-siswi dan guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Athirah Kajoalalido Makassar, di Ballroom menara Pinisi UNM, Senin (18/3/2019).

Sebanyak 120 siswa dan didampingi kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan lima guru hadir dalam kegiatan bertajuk observasi kampus itu, dan diterima secara langsung oleh wakil Rektor l bidang Akademik Prof Muharram, dan Wakil Rektor IV bidang kerjasama Prof Gufran.

Kepala Sekolah SMA Islam Athirah Kajoalalido Makassar, Tawakkal Kahar, mengungkapkan program observasi kampus merupakan program yang tiap tahunnya di laksanakan kuhusu untuk siswa yang telah duduk di bangku kelas Xl (sebelas).

Observasi kampus ini yang dilaksanakan ke beberapa perguruan tinggi merupakan upaya untuk memperkenalkan siswa-siswinya terhadap kehidupan kampus. Sehingga para siswa tahu seperti apa iklim akademik.

“Kegiatan ini rutin kami laksanakan tiap tahunnya bagi siswa yang telah duduk di bangku kelas Xl, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak dan memperkenalkan kepada siswa-siswi kami tentang seperti dunia kampus,” ungkapnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof Muharram dalam sambutannya memberi gambaran kepada para siswa terkait kampus UNM. Iapun memberikan tips dalam memilih suatu universitas dan jurusan, dengan tiga hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih perguruan tinggi dan jurusan.

Pertama adalah menyesuaikan antara minat dan potensi diri dengan jurusan yang akan kita pilih. “Ada tiga yang mesti kita pertimbangkan dalam memilih kampus atau jurusan, yang pertama adalah kita lihat apakah program studi yang kita pilih sesuai dengan minat dan potensi kita, sehingga kita bisa menyelesaikan seluruh proses pembelajaran yang nantinya kita jalani,” ungkapnya.

Kedua, lanjut Prof Muharram adalah ketersediaan lapangan kerja terhadap jurusan yang akan dipilih, dan yang ketiga adalah mempertimbangkan jumlah peminat dari jurusan yang akan dipilih nantinya.

“Selain itu, jurusan yang akan kita pilih kita lihat seperti apa peluang kerja atau ketersediaan lapangan kerjanya, dan yang ketiga kita pertimbangkan jumlah peminat dari jurusan yang akan kita pilih,” tambahnya.

Prof Gufran juga memberikan informasi secara gamblang kepada peserta kunjungan terutama terkait tekhnis dan jurusan di UNM, ia menyebut UNM memiliki program studi yang cukup komplit, dan satu satunya PTN di Indonesia Timur yang memiliki Fakultas Seni dan Desain (FSD) serta Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dan menjadi kampus pertama di indonesia timur yang mendirikan Fakultas Psikologi.

“UNM kini dengan predikat A (unggul), dan kampus dengan SDM Terbaik ketiga Nasional serta Kampus peringkat 20 dari Kemenristekdikti,” bebernya. Humas UNM Burhanuddin, melaporkan. (ma’ruf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *