Mahasiswa Prodi S2 Pendidikan IPS Kuliah Sosial Budaya di Universitas Udayana Bali

WARTALLDIKTI9.COM – Sekira 90 mahasiswa Prodi S2 Pendidikan IPS PPs UNM mengikuti kuliah Sistem Dinamika Sosial Budaya Bali di Gedung PPs Universitas Udayana Bali, Jumat (22/3/2019).

Dr. I Wayan Tagel Edhy,M.S. selaku pemateri menyampaikan budaya Bali dapat bertahan dari gempuran budaya luar karena masyarakatnya menjaga adat istiadatnya.

“Meskipun dikenal sebagai daerah tujuan wisata dunia, Bali tetap melestarikan budaya sebagai aset karena kuatnya sistem Banjar yang memperkuat tatanan kehidupan,” kata dosen Ilmu Sejarah.

Menurut alumni Program Doktor UGM, peran Banjar sangat besar dalam mengorganisasikan warga sampai ke tingkat desa. Banjar ini pula yang menerapkan peraturan lokal sehingga tercipta kerukunan hidup warganya.

Filosofi hidup orang Bali, Tri Hita Kirana sebagai konsep harmoni hidup kepada Tuhan, sesama manusia, dan alam dapat menjaga keseimbangan dalam hidup bermasyarakat.

Kata Tagel Edhy, sistem strata sosial di Bali, yaitu Brahmana, Kesatria, Wisyen, dan Sudra turut berperan dalam menjaga keharmonisan karena setiap kasta memiliki peran yang berbeda.

Rombongan diterima Direktur PPs Unad, Prof.Dr.dr.I Putu Gede Adiatmika,M.Kes. yang menyambut baik dan dilanjutkan pemberian cenderamata dari PPs UNM oleh Prof.Dr.Anshari.,M.Hum.

Menurut Prof.Anshari, studi sosial budaya diikuti dengan tekun dan serius. Dalam sesi tanya jawab, mahasiswa menanggapi sosial budaya di Bali dari perspektif sosiologi, hukum, dan sejarah.

Selain kunjungan studi akademik, mahasiswa juga melakukan kunjungan wisata budaya sehingga pengetahuan dan pemahamannya lebih kongkret dan mendalam.(ma’ruf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *