Kembangkan Bahan Ajar Berbasis Media Autoplay Antar Dosen Unismuh Raih Doktor di UNM

WARTALLDIKTI9.COM – Autoplay adalah perangkat lunak yang banyak diminati masyarakat, baik di kalangan dosen, mahasiswa, pengusaha maupun masyarakat umum lainnya.

Hal itu yang mendasari Andi Paida untuk mengembangkan bahan ajar sebagai kajian disertasi untuk meraih gelar doktor di depan sidang ujian promosi doktor yang dipimpin Prof.Dr.Anshari,M.Hum. pada Senin (24/6) di Aula AD Lantai 5 PPs UNM.

Andi Paida mempertahankan disertasi dengan judul Pengembangan Bahan Ajar Karya Tulis Ilmiah Melalui Media Elektronik Autoplay di Universitas Muhammadiyah Makassar di depan tim penguji ketua: Prof.Dr.Anshari,M.Hum. dengan anggota: Prof.Dr.Achmad Tolla,M.Pd., Prof.Dr.Suradi Tahmir,M.S., Dr.Salam,M.Pd., Prof.Dr.Muhammad Rapi Tang,M.S., Dr.Andi Syukri Syamsuri,M.Hum., dan Dr.Marwiah,M.Pd.

Menurut dosen FKIP Unismuh Makassar, bahan ajar karya tulis ilmiah (KTI) melalui media elektronik autoplay dinyatakan layak, efektif, dan praktis digunakan.

Produk bahan ajar dianggap layak karena hasil validasi ahli, praktisi, dan uji coba ke pengguna mahasiswa.

Produk bahan ajar ini dianggap efektif berdasarkan hasil mahasiswa, respon mahasiswa, dan dosen. Bahan ajar KTI melalui media elektronik autoplay mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Produk bahan ajar dianggap praktis berdasarkan perolehan data proses aktivitas dan hasil evaluasi pembelajaran menunjukkan hasil yang baik.

Setelah menjawab semua sanggahan dewan penguji, Andi Paida dinyatakan lulus dengan IPK 3,95 dengan predikat kelulusan pujian (cumlaude). Selain IPK tinggi, masa studi juga tidak melewati waktu, dan telah publikasi jurnal scopus.

Menurut Prof.Dr.Anshari,M.Hum. selaku Asdir 3, memuji keberhasilan dosen FKIP Unismuh Makassar meraih gelar doktor dengan predikat pujian (cumlaude). Predikat ini sangat layak disandang karena prestasi Andi Paida mengikuti pendidikan doktor.

Ketua BPH Unismuh Makassar, Dr.Ir.Syaiful Saleh,M.Si. menyampaikan bahwa dosen yang berprestasi dalam pendidikan akan mengapresiasi dosen untuk memberi jabatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *