Film Sokola Rimba Butet Manurung di Putar di Fisip Unismuh Makassar  

WARTALLDIKTI9.COM – Film Sokola Rimba Butet Manurung diputar  di Minihall Fisip, Lt5 Gedung Iqra Unismuh Makassar, Jumat, (28/6/2019).

Pemutaran film ini adalah rangkaikan kegiatan  Makassar Internasional Writers Festival (MIWF) 2019, bekerjasama Prodi Ilmu Komunikasi. Penonton yang hadir dari kalangan dosen dan mahasiswa Fisip Unismuh Makassar dan mahasiswa dari kampus lainnya di Makassar.

Kegiatan menonton dan diskusi  ini dihadiri Dekan Fisip Unismuh Makassar, Dr Hj. Ihyani Malik, S.Sos, M.Si menghadirkan Butet Manurung sebagai narasumber, dia berbagi cerita tentang pengalaman  mendirikan Sokola Rimba di hutan Sumatera Jambi.

Butet  pertama kali mengajar di Sokola Rimba di Hutan Bukit Dua Belas  pada 1999, membawa  misi memperjuangkan pendidikan bagi anak-anak suku pedalaman,  agar mereka bisa belajar, melindungi diri dari penindasan dunia luar.

Misi ini berhasil dan membuat anak-anak suku pedalaman dapat  mengenyam pendidikan dan mampu membela diri dari tekanan luar.

Keberhasilannya dituliskan dalam sebuah buku kemudian difilemkan dengan judul  Sokola Rimba.

Saat pemutaran film  membuat mata peserta MIWF 2019 di Minihall Fisip berkaca-kaca. Bahkan ada yang sampai meneteskan air mata  karena melihat perjuangan Butet dalam memberikan pendidikan bagi anak-anak suku pedalaman di Jambi.

Dekan Fisip Unismuh Makassar, Ihyani Malik,  saat penutupan nobar dan diskusi film menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara acara MIWF 2019.   narasumber,

Setelah menonton film ini terlihat faktor  dedikasi dan cinta dalam menjalani aktifitas, akan meraih hasil  maksimal dan bermanfaat bagi orang banyak.

Keberhasilan dan kesukseskan pada profesi apa pun termasuk dalam dunia pendidikan sangat ditentukan oleh dedikasi dan cinta akan profesi yang ditekuni dan dijalani, tegas doktor administrasi publik PPs-UNM ini.

Kehadiran Butet Manurung di kampus  memberi penghargaan bagi Fisip Unismuh Makassar.

Ihyani Malik juga menyampaikan harapan  agar tiga jurusan  di Fisip tidak hanya jadi menara gading di satu tempat, tapi harus membumi di lingkungan sekitar.

Saat ini ada tiga prodi  antara lain,  S1 Ilmu Adminitrasi Negara, S1  Ilmu Pemerintahan dan S1  Ilmu Komunikasi. Dua prodi administrasi dan pemerintahan telah meraih nilai akreditasi A dari BAN-PT dan Ilmu Komunikasi terakreditasi dari BAN-PT.

Penonton yang hadir mencapai seratusan itu juga terlihat, Ketua dan Sekretaris Prodi S1 Ilmu Komunikasi  Fisip Unismuh Makassar, Dr H. Muhammad Tahir, M.Si dan Dian Muhtadiah, S.IP, M.IKOM.

Para dosen, Dr. Muhammad Yahya Mustafa, M.Si; Arni, S.Sos, M.Ikom, Wardah, S.Sos, MA; Ahmad Syarif, S.Sos, M.IKom serta Randi Akbar, S.IP, M.Si dari prodi Ilmu Pemerintahan. (rita sugiarti).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *