Ketua BPH Unismuh Makassar: Inilah 11 Unit Usaha yang Dikembangkan

WARTALLDIKTI9.COM – BULUKUMBA, Universitas Muhammdiyah Makassar yang selama ini hanya mengandalkan mahasiswa sebagai sumber utama untuk mendapatkan pendapatan dalam membiayai seluruh aktivitas pengelolaan akademik, kini mulai berubah .

Sekarang ini Unismuh Makassar, sedang memperbanyak unit-unit kegiatan usaha untuk mendapatkan tambahan pendapatan dalam membiayai proses akademik di kampus.

Ketua BPH Unismuh Makassar, DR Ir HM Syaiful Saleh, M.Si, menyebutkan, ada 11 unit usaha yang dikembangkan Unismuh Makassar sekarang ini, yakni unit usaha jagung di Doja, pembibitan dan pembesaran ayam kampung di Bollangi. Dua unit usaha ini dipayungi oleh PT Surya Pangan Indonesia (SPI) Unismuh Makassar.

Unit usaha lainnya yang dikembangkan, adalah Balkesmas, Rusunawa Kampus, Student Mall, Sewa Bus, Gerai Muhammadiyah, Pusdiklat, Unit Bisnis Centre (UBC) Unismuh, Balai Sidang dan Tambak Pendidikan.

Syaiful Saleh menyampaikan hal ini ketika memberikan paparan sarana dan prasarana kampus dan pengembangannya dalam acara rapat kerja di Same Resort Bira, Bulukumba, Ahad malam 18 Agustus 2019.

Terkait dengan pengembangan unit usaha, Syaiful Saleh merasa optimis jika dikelola secara profesional maka akan memberikan sumber pendapatan baru yang bisa membantu membiayai kebutuhan akademik menuju Unismuh unggul serta kesejahteraan bagi dosen dan karyawan.

Rasa optimis juga disampaikan Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM, bahwa sekarang ini salah satu unit usaha dibawah naungan PT SPI, yakni budidaya jagung telah memberikan pendapatan yang cukup signifikan.

Dari target pendapatan sebesar Rp2 M, dapat direalisasikan Rp 4,1 M. Artinya untuk unit usaha jagung ada peningkatan pendapatan sampai 200 persen lebih. Rektor juga berharap, unit usaha lainnya, yakni pembibitan dan pembesaran ayam kampung unggul di Bollangi juga diharapkan memberikan pendapatan yang lebih besar lagi.-nasrullah-yahya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *