Perkuat Penelitian, Prodi Sosiologi Unismuh Gandeng Balai Litbang Agama Makassar

WARTALLDIKTI9.COM – Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Makassar melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan Balai Litbang Agama Makassar (BLAM).

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Ketua Prodi Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar Drs. H. Nurdin M.Pd. dengan Kepala BLAM, H. Saprillah, M.Si, di aula lantai tiga Kantor BLAM, 19 Agustus 2019.

Kepala BLAM, Saprillah, menyambut baik kerjasama ini sebagai bentuk keterpakaian hasil kelitbangan yang menjadi konsen Bidang Lektur dan Khazanah Keagamaan, yang secara sosiologis bermanfaat bagi kalangan akademisi dan masyarakat.

Perguruan Tinggi, kata Saprillah, sebagai salah satu stakeholder utama produk kelitbangan juga adalah user, sekaligus mitra riset, yang sewaktu-waktu dapat berkolaborasi dan bekerjasama satu sama lain.

“Karena itu, kami tentu berharap, kerajsama ini tidak hanya berhenti pada tataran penandatanganan dokumen, tetapi juga hasil-hasil kelitbangan dapat diartikulasikan dalam media pembelajaran di kelas,” ujar Pepi, sapaan akrab Saprillah.

Yang tak kalah penting, kata Pepi, perjanjian kerjasama ini membuka peluang untuk menerapkan program moving class, dengan mengajak para mahasiswa, khususnya jurusan Sosiologi, untuk dapat belajar bersama dengan para peneliti BLAM.

“Tidak menutup kemungkinan, riset kolaboratif bisa digagas dalam rangka perluasan program kerjasama dua lembaga sebagai evident bersama,” kata Pepi.

Ketua Prodi Sosiologi Unismuh Makassar, Drs. H. Nurdin, M.Pd, mengaku tertarik melakukan kerjasama setelah melihat beberapa penelitian yang telah dihasilkan Bidang Lektur BLAM.

“Setelah membaca dan melihat produk penelitian Litbang Agama Makassar, pada prinsipnya sangat menyentuh wilayah pengembangan sistem pendidikan dan pengajaran, khususnya mata kuliah sosiologi dan budaya. Ini juga dapat memperkaya khazanah keilmuan kami di kampus, sekaligus sebagai mitra riset dan pengembangan satu sama lain,” kata Nurdin.

Nurdin menambahkan, pihaknya juga berharap agar riset kolaboratif antara peneliti LBAM dan Dosen Pendidikan Sosiologi Unismuh dapat segera direalisasikan.

“SDM dosen di Prodi kami cukup mumpuni untuk berkolaborasi. Kami memiliki 7 Doktor alumni dalam dan luar negeri. Setiap tahun, ada puluhan penelitian yang kami hasilkan, baik tema pendidikan maupun kajian Sosiologi. Beberapa dosen kami juga konsen di kajian Sosiologi Agama,” pungkas Nurdin, saat ditemui sesudah acara.

Selain itu, kata Nurdin, kerjasama antarlembaga riset merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu penelitian dan pengembangan, pendidikan dan pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat. (yahya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *