Dosen UNKRIT I Ketut Yakobus Raih Doktor Sosiologi di PPs-UNM

WARTALLDIKTI9.COM – Dosen Tetap Yayasan Universitas Kristen Tentena (UNKRIT) Poso Sulteng, I Ketut Yakobus, STh, M.Si berhasil meraih gelar doktor pada bidang ilmu sosiologi di PPs-UNM, Senin (23/9/2019).

Dia lulus dengan IPK 3,92 dengan predikat sangat memuaskan. Merupakan doktor ke-815 PPs-UNM dan doktor sosiologi ke-153 PPs-UNM.

I Ketut berhasil mempertahankan disertasinya berjudul, Hibridisasi Wacana Resolusi Konflik Poso pada ujian promosi yang dipimpin oleh Direktur PPs-UNM, Prof Dr. Hamsu Abdul Gani, M.Pd.

Tampil selaku penguji, Prof Dr Jumadi Sahabuddin, M Si, Dr. Muhammad Syukur, M.Si, Dr. Aminuddin, M.Pd dengan penguji eksternal, Dr. Mansyur Radjab, M Si

Pada penulisan disertasi dengan Promotor, Prof Dr H. Muh Tahir Kasnawi, SU dengan Kopromotor, Prof Dr. Andi Agustang, M.Si dan Prof Dr. Hamsu Gani, M.Pd.

Pada simpulan disertasinya, I Ketut katakan, penyebab konflik dan kekerasan di Poso ada lima faktor, politik, kesenjangan sosial dan ekonomi, pendidikan, budaya dan ideologi.

Salah satu penyebab konflik dan kekerasan berkepanjangan di Poso, adanya konflik interest, penanganan konflik bersifat dominasi, parsial, tidak partisipatif dan bersifat refresif.

Strategi aktor memproduksi dan mereproduksi wacana dalam arena konflik Poso berlangsung terencana, sistematis, berkesinambungan menggunakan wacana agama untuk melegitimasi terjadinya konflik dan kekerasan.

Proses hibridisasi wacana dalam resolusi konflik Poso belum maksimal dilakukan, karena yang terjadi justru dominasi wacana.

Wacana resolusi konflik yang digulirkan bukan merupakan perpaduan dari wacana wacana unggul dalam resolusi konflik Poso dan tidak terjadi secara kultural tetapi lebih banyak diinisiasi oleh pemerintah.

Turut hadir Rektor UNKRIT, Amosius RAB Meringgi, SP, MP. Ketua Yayasan UNKRIT, Pdt Onesimus Lagarinda, M.Theo. Dekan Fakultas Ekonomi Unkrit, Ch.E Fajar Sangkide,SE, MM.

Ketua Prodi S3 Pendidikan Ilmu Ekonomi, Prof Dr. Imran Chalid Musa, M.Si. (nasrullah/yahya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *