FEB Unismuh Makassar Gelar Visiting Professor dari University Sains Islam Malaysia, Ini Agendanya!

WARTALLDIKTI9.COM – Dekan Fakulti Ekonomi dan Muamalat University Sains Islam Malaysia (USIM) Prof. Dr. Muhammad Ridhwan Bin Abd. Aziz melakukan kunjungan ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar selama satu pekan mulai tanggal 27 September sampai 04 Oktober 2019.

Selama berada di FEB Unismuh Makassar, Prof. Dr. Muhammad Ridhwan akan berbagi pengetahuan dengan beberapa kegiatan utama, yaitu menjadi narasumber pada kegiatan guest lecturer.

Memberi kuliah Islamic Finance bagi mahasiswa FEB, menjadi nara sumber utama pada kuliah perdana Mahasiswa Baru FEB, Berbagi Pengetahuan dan Mereview Artikel pada acara International Workshop bagi Dosen FEB.

Dalam acara seremoni penerimaan di FEB Unismuh Makassar, Dekan Ismail Rasulong menyampaikan rasa syukur dan kegembiraannya karena upaya untuk merintis kolaborasi internasional bisa terwujud.

Beliau mengungkapkan bahwa kesediaan Prof. Dr. Muhammad Ridhwan yang juga dekan FEM USIM untuk berkunjung ke fakultas yang ia pimpin merupakan kehormatan sekaligus memberi peluang untuk sharing pengetahuan dan kolaborasi dalam bidang akademik dan research.

“Hal ini tentu saja menjadi awal yang baik untuk menjalin kerjasama yang lebih luas antara FEB Unismuh Makassar dengan FEM USIM Malaysia, tidak hanya dalam bidang akademik tetapi juga dalam bidang penelitian dan peningkatan kualitas publikasi ilmiah”.

Prof. Dr. Muhammad Ridhwan dalam sambutannya juga menyampaikan rasa terima kasih karena diberi kesempatan untuk hadir di Universitas Muhammadiyah Makassar untuk berbagi pengetahuan dan mendiskusikan banyak hal untuk kegiatan kolaborasi.

“Kunjungan ini tidak hanya bermanfaat bagi FEB Universitas Muhammadiyah Makassar, tetapi juga sangat bermakna bagi reputasi FEM USIM secara internasional karena saat ini perguruan tinggi tidak mungkin menutup diri untuk saling berkolaborasi dengan perguruan tinggi lain di dunia”.

Dihari pertama (28/09/2019) kunjungan di awali Kuliah Tamu dengan topik “The Current Issues in Islamic Finance Sector” yang diikuti oleh dosen-dosen di lingkungan FEB Unismuh Makassar.

Selanjutnya pada hari kedua (30/09/2019) beliau akan memberi kuliah Keuangan Syariah pada mahasiswa yaitu sesi pagi di Jurusan Akuntansi dan sesi siang di Jurusan Manajemen.

Disamping itu, pada Sesi Sore hari, beliau akan menjadi Keynote Speaker pada acara Tabligh Akbar oleh HMJ Manajemen dengan Topik “Pemuda Milenial: Social Media, Jalan Menuju Surga”.

Pada hari ketiga, Selasa 01/10/2019 Prof Ridhwan akan memberi kuliah umum di hadapan 861 mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unismuh Makassar dengan topik “Fintech Syariah, Peluang dan Tantangan Pengembangan Ekonomi Syariah”.

Setelah sesi ini, kemudian melakukan kegiatan Group Discussion dengan dekanat, para kaprodi, dan perwakilan dosen untuk membicarakan peluang kolaborasi dalam bidang pertukaran mahasiswa dengan sistem kredit transfer, kolaborasi penelitian dan publikasi ilmiah, serta bertukar informasi dalam hal kurikulum internasional.

Untuk hari keempat (Rabu, 02/10/2019) Prof. Ridhwan akan melanjutkan materi kuliah pada mahasiswa jurusan akuntansi di sesi pagi, dan pada sesi siang melanjutkan pemberian kuliah di jurusan Manajemen.

Kemudian dihari kelima (Kamis, 03/10/2019) beliau akan menjadi nara sumber utama pada kegiatan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Jurnal Internasional bagi dosen-dosen di FEB Unismuh Makassar.

Dalam kegiatan workshop selama seharian penuh tersebut, Prof. Ridhwan juga akan membantu untuk mereview artikel-artikel yang dimiliki para dosen (ma’ruf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *