STMIK AKBA Kukuhkan 230 Alumninya

WARTALLDIKTI9.COM – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AKBA Makasaar menggelar Wisuda Sarjana dan Ahli Madya Komputer ke-21 di Sandeq Ballroom Hotel Claro Jl Ap. Pettarani, Senin (28/10/2019).

Sebanyak 230 wisudawan-wisudawati yang terbagi dalam 3 program studi (Prodi) yakni Prodi Teknik Informatika 157 orang, Prodi Sistem Informasi 62 orang dan Diploma 3 sebanyak 11 orang dikukuhkan langsung oleh Ketua STMIK AKBA Dr. Askar Taliang, M.Si.

“Era ini, era disruption loncatan sangat tinggi dan tak terduga oleh sebab itu badan penyelenggara harus mengantisipasi era ini,” kata Ketua LLDikti IX Prof Jasruddin dalam sambutannya.

“Kebijakan pemerintah kita hari ini yang pertama adalah pengembangan SDM, oleh sebab itu saya sebagai Kepala LLDikti menyampaikan penghargaan terima kasih kepada Ibu Marwah sebagai Ketua Yayasan karena telah bekerja keras untuk mengembangkan perguruan tingginya.” lanjutnya.

Selain itu, Prof Jasruddin juga berharap STMIK AKBA mampu mengembangkan SDM sesuai yang diharapkan pemerintah saat ini.

“Saya sangat berharap STMIK AKBA akan tampil sebagai salah satu perguruan tinggi yang bisa mengembangkan SDM seperti harapan pemerintah, SDM yang bukan hanya berkualitas tinggi tapi berdaya saing tinggi,” ucapnya.

Oleh sebab itu, lanjut Prof Jasruddin, sekarang STMIK AKBA dari segi konten saya percaya tinggal memang bagaimana membuka wawasan anak-anak kita (Alumni) supaya mereka mau berkarya ditempat lain ketika tidak bisa mendapatkan kesempatan di daerah karena keterbatasan.

“Maka jangan pernah takut untuk mengaplikasikan ilmunya di tempat lain, saya kira dengan ilmu komputer yang mereka miliki itu sudah sangat cukup untuk bisa eksis di era transformasi di era Revolusi Industri 4.0 karena memang andalannya adalah teknologi,” tegas Guru Besar Universitas Negeri Makassar itu.

Usai memberikan sambutan, Prof Jasruddin juga menyempatkan waktunya untuk bernyanyi dihadapan para wisudawan dan para tamu undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut. Yang sebelumnya Ketua Yayasan Pendidikan Kartini, Ibu Siti Marwah Pradonggo, S.E., juga terlebih dahulu menyumbangkan suaranya untuk para wisudawan dan para tamu undangan.

Sementara Ketua STMIK AKBA Dr. Askar Taliang, M.Si juga berharap anak didiknya mampu bersaing dan eksis di dunia kerja karena telah memiliki kemampuan yang kompeten.

“Harapan kami adalah setelah selesai wisuda ini mereka bisa eksis didunia kerja dan kami tentunya sebagai pengelola sudah mempersiapkan mereka untuk berkompetisi didunia kerja, mereka memiliki kemampuan hard skill and soft skill yang memang sangat dibutuhkan,” tutur Dr. Askar Taliang.

Bahkan Dr. Askar Taliang mengaku jika kemampuan mahasiswanya dalam ilmu teknologi sudah tidak diragukan lagi. Sebab STMIK AKBA memang sangat serius dalam bidang Information Technology (IT).

“Penguasaan di bidang IT STMIK AKBA tidak diragukan lagi mengapa? Karena memang sudah kita gembleng mereka dibidang IT dan itu kita sudah lakukan dengan program carrier day bagaimana memperkenalkan calon alumni ini dengan dunia kerja dengan mendatangkan beberapa pembicara yang mempunyai kompetensi baik untuk persiapan keluar negeri maupun lokal dan Insya Allah kedepan mahasiswa stimik akba lebih bisa eksis untuk bekerja diluar negeri saya kira itu,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini STMIK AKBA juga melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Kioser Teknologi Indonesia dalam bidang pekerjaan, rekruitment, job fair dan pengembangan inkubasi bisnis dan Kewirausahaan, yang ditanda tangani langsung oleh kedua belah pihak yakni Ketua STMIK AKBA Dr. Askar Taliang, M.Si dan Direktur PT Kioser Teknologi Indonesia Muhammad Yusuf HS.

Selain jajaran STMIK AKBA dan Ketua Yayasan Pendidikan Kartini, Ibu Siti Marwah Pradonggo, S.E., yang turut hadir, sejumlah tamu undangan juga menghadiri acara ini.

Serta dalam kesempatan tersebut  terpilih 3 mahasiswa terbaik yakni Alfin, S.Kom dari Prodi Teknik Informatika dengan IPK 3.80, Prodi Sistem Informasi A. Astuty Indriani S. Kom dengan IPK 3,94 dan Prodi Diploma 3 Yuliana A.Md.Kom dengan IPK 3.89. (Darsil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *