Dosen UMI Memberdayakan Ibu Rumah Tangga dan Remaja Putri Mendukung Desa Wisata Minasa Upa Maros

WARTALLDIKTI 9.COM – Selama 5 bulan terakhir dosen UMI Makassar secara intensif melakukan pemberdayaan masyarakat di Desa Minasa Upa Bontoa Maros.

Pemberdayaan masyarakat dilakukan secara intensif guna mendukung program Kepala Desa Minasa Upa, Rusman, SE untuk mengembangkan desa tersebut menjadi desa wisata, khususnya wisata sungai.

Dalam rangka itulah beberapa program yang dilakukan dosen UMI Makassar adalah pelatihan pembuatan abon, baik abon ikan, abon udang, abon kepiting dan masakan sop yang dapat menjadi kuliner khas Minasa Upa nantinya.

Disamping itu, dilakukan juga sosialisasi pencegahan illegal fising bagi nelayan setempat, sebab sekitar 70 persen Kepala Keluarga di desa tersebut bekerja sebagai nelayan penangkap ikan, udang dan kepiting yang semuanya bergantung di Sungai Minasa Upa.

Potensi wisata sungai inilah yang akan dikembangkan menjadi obyek wisata di desa tersebut.

Dosen UMI yang melakukan pemberdayaan masyarakat di Desa Minasa Upa yakni; Dr. Ahdan Sinilele, M.Si dan Dr. Hadawiah, M.Si dari Prodi Ilmu Komunikasi UMI Makassar.

Keberadaan dosen UMI dalam melakukan pemberdayaan mendapat respon positif masyarakat setempat karena dengan pemberdayaan itu ibu rumah tangga dan remaja putri di desa tersebut mempunyai keterampilan dalam mendukung Minasa Upa menjadi desa wisata.

Sungai Minasa Upa yang indah dengan luas mencapai 245 meter dengan kedalaman hingga 7 meter serta panjang sekitar 4 kilometer menghubungkan obyek wisata Rammang- Rammang melewati Sungai Minasa Upa menuju pantai menjadi suatu obyek wisata sungai yang indah dan mengasyikkan.

Betapa tidak bagi para penggemar wisata bisa dengan sepuasnya naik kapal menyusuri sungai yang luas dan indah melewati gugusan pohon mangrove, tumbuhan nipa dan disepanjang sungai berdiri sekitar seratusan pandariang yang menjadi sumber pekerjaan utama para nelayan setempat.

Disamping keterlibatan kedua dosen UMI dalam kegiatan pemberdayaan masyaràkat, juga sudah menerjunkan para mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI dalam mengambil gambar atau foto baik untuk kebutuhan pembuatan film maupun untuk diabadikan sebagai fotografi.

Selain itu, juga mahasiswa turun untuk melakukan penelitian berkaitan dengan komunikasi wisata Minasa Upa.

Sebagai bentuk apresiasi pemerintah desa dan masyarakat Desa Minasa Upa terhadap program pemberdayaan dosen UMI, maka Kepala Desa menyerahkan lokasi pendirian rumah/ wisma terapung di Bantaran Sungai Minasa Upa.

Juga sudah dilakukan penandatanganan MoU antara kepala desa dengan ketua prodi Ilmu Komunikasi UMI yang sedang ditindaklanjuti di tingkat Universitas.

Serta bentuk dukungan pemerintah daerah dengan diberikannya bantuan 2 unit kapal wisata operasional bagi wisatawan yang akan menyusuri Sungai Minasa Upa sampai muara dan pantai sepanjang Maros (Ahdan/Hadawiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *