STMIK AKBA Makassar Tandatangani Kerjasama TAFE Queensland – Gold Coast, Australia

Citizen Reporter

Laporan : Muhammad Arafah, S.Kom., M.T.

Wakil Ketua STMIK AKBA Bidang Kerjasama dan Promosi

 Melaporkan dari Gold Coast, Australia.

 WARTALLDIKTI9.COM – Gold Coast, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sulawesi dan Gorongtalo Prof. Dr. Jasruddin, M.Si, menfasilitasi kerjasama antara TAFE Queensland-Gold Coast, Australia dengan beberapa pimpinan Perguruan Tinggi yang berada di bawah naungannya.

Salah satu diantaranya yakni STMIK AKBA. Penadatanganan kerjasama ini merupakan bagian dari program kunjungan Internasional dengan tema “Visiting Industry and Interpersonal Communication Skill”.

Kunjungan ini berlangsung mulai  23 sampai 30 November 2019. Pada kesempatan ini, pimpinan perguruan tinggi melakukan penandatangan kerjasama dengan TAFE Queensland. Adapun konten dari kerjasama (Letter of Intent), diataranya adalah study tours and mobility untuk mahasiswa, program pengembangan profesional untuk dosen yang difasilitasi oleh TAFE Queenslans, dan program pelatihan bahasa inggris.

Aktifitas penandatanganan dilakukan pada hari terakhir kunjungan ke TAFE Queensland yang disaksikan langsung oleh kepala LLDIKTI Wilayah IX beserta unsur pimpinan lainnya, sementara aktifitas yang dilakukan para peserta Visiting Industry sebelum penandatangan kerjasama yakni mengikuti sesi training yang disajikan oleh pihak TAFE Queensland yang dilaksanakan sejak hari senin, 25 sampai 28 Navember 2019, adapun konten materi diantaramya adalah:

Vocational Education and Training / Vocational Education abd Training Governance Structure, Standards and Quality Assurance,  Vacational Education and Training Quality Framewor, Competency Based Training and Assessment, Classroon Design,  Australian Apprenticeship Model, Vocational Education and Training Educator Standards, Industry Linkages, TAFE Queensland English Language Programmes.

Kegiatan ini dihadiri  juga  Muhammad Amir, SH,MH (Kabag Umum LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo), Munawir Sadzali Razak, S.Ip., MA (Kabag Kelembagaan dan Sistem Informasi). Dr H. Lusman, M.M (Kabag Akademik dan Kemahasiswaan).

 Sementara dari unsur pimpinan perguruan tinggi yang menghadiri kegiatan ini yakni;

• Dr. Askar Taliang, M.Si. (Ketua STMIK AKBA),
• Muhammad Arafah, S.Kom., M.T. (Wakil Ketua STMIK AKBA Bidang Kerjasama dan Promosi),
• Dr Ir Abd Rakhim Nanda, S.T., M.T. (Wakil Rektor I Unismuh Makassar),
• Dr.Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes. (Ketua STIKES Mega Buana Palopo),
• Dr. Y. Johny W. Soetikno, S.E.,M.M. (Ketua STMIK Dipanegara)
• Bakhtiar Maddatuang, S.E., M.Si. (Ketua STIE Amkop)
• Dr.Cahaya Samang Mappa (Ketua STIA PRIMA Bone)
• Muhammad Abduh Idris, S.Kom.,M.M. (Direktur Politeknik Informatika Nasional)
• Nurhikmah, SST.,M.Kes  (Wakil Ketua STIKES Graha Edukasi Makassar)
• H. Syafruddin Gading Settang, S.E., M.M. (Ketua STIKES Salewangang Maros)
• H. Asnuddin Sokong, S.T., M.M. (Ketua STIKES Shinta Jaya Mamuju)
• Dr. Tigor Situmorang, M.H., M.Kes. (Ketua STIKES Widya Nusantara Palu)
• Ns. Julia Fitrianingsih, S.Kep., M.Kep (Wakil Rektor I Universitas Mega Rezky)
• Siti Nurul Haliza (Unsur Pimpinan Yayasan Universitas Mega Rezky)
• Muhammad Satria Muldjabar, S.H., M.Kn. (Direktur Politeknik Bina Husada Kendari)
• Ir. H. Asrul Rahim, M.Si (Ketua Yayasan YPUP Makassar)
• Andi Muhammad Suhriawan Sukri (Dosen Tri Dharma Nusantara)
• Andi Tenri Ellyanti Entong, S.E. (Dosen Tri Dharma Nusantara)
• Rezkiyah Hoesny, S.Kep.Ns (Wakil Ketua STIKES Kurnia Jaya Persada Palopo)
• Indah Mustika Sari, S.Ked (Ketua Yayasan STIKES Kurnia Jaya Persada Palopo)

Kepala LLDIKTI Wilayah IX,  Prof Dr. Jasruddin, M.Si,  menyatakan,kunjungan pimpinan perguruan tinggi swasta di Wilayah IX Sulawesi, untuk keperluan menindak lanjuti kerjasama antara TAFE Queensland university dengan lembabaga Layanan Pendidikan tinggi Wialayah IX sulawesi.

Kegiatan ini telah di rintis pada bulan September 2019. Harapan kami kali ini kita dapat melakukan dan membicarakan berbagai hal yang konstruktif yang lebih implementatif, khususnya bagaimana meningkatkan the number of student from Indonesia and Australia specialy in Gold Coast city to visit Australia bagi mahasiswa Indonesia, dan to visit Indonesia bagi mahasiswa dari Gold Coast khususnya Mahasiswa TAFE University.

Ketua STMIK AKBA, Dr. Askar Taliang, M.Si, menilai  kegiatan ini memiliki manfaat yang luar biasa, dimana  bisa melihat secara langsung bagaimana proses pendidikan yang diksanakan di Australia, khususnya di TAFE Queensland.

Terdapat kombinasi antar teori dengan praktek, dimana pada kelas teori para instruktur (dosen) meberikan kesempatan kepada para mahasiswa  menyatakan pendapat terkait dengan materi yang dibahas dengan suasana santai, jauh dari kesan tegang apalagi menakutkan serta sudah menggunakan model pembelajaran blended learning.

Sementara kegiatan praktek tertentu satu peserta didik, didampingi oleh satu instruktur dengan tools dan fasilitas yang sangat lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *