Dosen Sastra UMI Pelatihan Pidato di Madrasah Aliah Pesantren Mizanul Ulum Sanrobone Takalar

WARTALLDIKTI9.COM – Selain pengajaran dan penelitian, pengabdian pada masyarakat desa merupakan salah satu tugas dosen di UMI yang dilaksanakan setiap tahun.

Beberapa bulan yang lalu dua orang dosen Fakultas Sastra, Dr. Muhammad Yunus, S.S.,M.Pd. sebagai ketua dan Sitti Halijah, S.S.,M.Pd. sebagai anggota telah melaksanakan pengabdian pada masyarakat desa di Madrasah Aliah Pesantren Mizanul Ulum Sanrobone Takalar.

Kedua dosen pengabdi tersebut telah melaksanakan pelatihan pidato kepada beberapa siswa Madrasah Aliah dari tanggal 22 Juli sampai dengan 22 Oktober 2019.

Pelatihan ini diikuti oleh 5 siswa berdasarkan saran dari salah seorang reviewer, Prof. Dr. Jayadi, M.Si dengan pembatasan jumlah peserta.

Mereka bisa berlatih secara maksimal dengan menggunakan beberapa metode pelatihan diantaranya; metode ceramah, tanya jawab, latihan, dan pemberian tugas penyusunan pidato sendiri.

Sebelum pelatihan dimulai para pengabdi menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelatihan tersebut, mulai dari tempat, sarana prasana, konsumsi, alat tulis untuk peserta, materi pelatihan, materi praktek, dan evaluasi.

Pada pertemuan pertama, berlangsung selama dua jam. Pada sesi ini, para pengabdi mencairkan suasana terlebih dahulu dengan memperkenalkan diri serta menyampaikan tujuan kegiatan tersebut.

Selanjutnya, peserta diminta untuk melakukan presentasi singkat tentang diri mereka dalam waktu maksimal 3 menit.

Kegiatan tersebut bermaksud untuk mengetahui kemampuan awal bahasa Inggris peserta sebelum mereka diberikan materi pelatihan.

Setelah satu demi satu memperkenalkan diri, pengabdi menyampaikan temuan yang didapatkan dari hasil presentasi tersebut kemudian memberikan pengarahan tentang kekurangan dan kelebihan masing-masing peserta saat presentasi.

Pengabdi juga menyampaikan bahwa setelah pelatihan selesai dilaksanakan, akan diadakan evaluasi kembali dan hasil evaluasi diawal akan dibandingkan dengan evaluasi akhir.

Tentunya para pengabdi berharap adanya perubahan dan kemajuan dari setiap peserta setelah pengabdian ini selesai.

Setelah sesi evaluasi awal selesai dilaksanakan, pengabdi mulai menyampaikan materi diantaranya; penyapaan kepada hadirin, kepada presiden, menteri, dan pejabat tinggi lainnya.

Kemudian penyapaan kepada tokoh keagamaan, dan khalayak umum. Selanjutnya kalimat-kalimat pembukaan. Kemudian ungkapan-ungkapan dalam bagian pembahasan

Menyampaikan isi pidato, membuka bagian utama pidato, beralih ke bagian atau pembicaraan lainnya, member aba-aba untuk pengembangan suatu ide, mengingatkan kembali hal yang disampaikan terdahulu.

Menggaris bawahi hal atau bagian penting dalam suatu pidato, dan menutup pidato.

Selain itu, kami juga memberikan materi pidato dengan topik-topik yang bersifat pendidikan lengkap dengan terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

Hasil evaluasi awal kemampuan dasar peserta dilihat dari presentasi 3 menit yang dilakukan oleh peserta pada awal pertemuan sebelum pengabdi memberikan penjelasan yang lebih dalam lagi tentang pidato bahasa Inggris.

Para pengabdi memberikan kesempatan kepada setiap peserta untuk dapat menampilkan presentasi terbaik mereka berdasarkan kemampuan mereka saja sebelum pelatihan dimulai.

Hal ini bertujuan agar pengabdi dapat mengetahui apa saja yang sudah mereka pahami tentang berpidato bahasa Inggris di depan umum.

Hasil evaluasi akhir setelah peserta diberikan pelatihan selama beberapa sesi, mereka terlihat ada kemajuan dan kepercayaan diri mereka mulai muncul.

Hal tersebut terlihat dari cara mereka melakukan presentasi sudah lebih baik dari sebelum pelatihan diberikan. Mereka juga mengatakan bahwa setelah diberikan pelatihan mereka jadi mengerti lebih jauh lagi tentang pidato bahasa Inggris dan bahkan bisa langsung memprakteknya.

Semoga kedepan para peserta pelatihan sudah dapat mengikuti pertandingan pidato bahasa Inggris tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang setiap tahunnya diadakan oleh departemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *