Dosen Fakultas Sastra dan Humaniora UIM Raih Gelar Doktor Pendidikan Bahasa Inggris di PPs-UNM

Dr Muhammad Taufik

WARTALLDIKTI9.COM,MAKASSAR.– Pembelajaran online adalah sebuah lingkungan belajar terbuka dan tersebar yang menggunakan pendekatan pedagogik, dimungkinkan melalui teknologi internet dan berbasis WEB, membantu pengajaran dan membangun pengetahuan melalui tindakan dan interaksi yang lebih mudah.

Demikian ungkap Muhammad Taufik, dalam paparanya saat ujian promosi doktor untuk meraih gelar doktor dibidang PendBasri Pendidikan Bahasa Inggris pada Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Senin (31/8).

Dihadapan promotor dan dewan menguji yang terdiri dari Prof Dr Nurdin Noni, Prof Dr Baso Jabu, Prof Drs Muhammad Djafar, Prof Dr Aspa Rahman, Prof Dr Fathu Rahman selaku penguji external menjelaskan isi desertasi yang berjudul Developing Cyber-Literature Based Instruction English at Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

“Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kebutuhan mahasiswa akan pembelajaran sastra Inggris dengan menggunakan e-learning,”kata mantan wartawan Tribun Timur ini.

Salah satu strategi dalam mempermudah pembelajaran online utamanya diera pandemik covid 19, dimana mahasiswa berlakukan pembelajaran dari rumah, lanjutnya, menggunakan tool open source ESCLEN 4.0.

Menurut Ketua Prodi Sastra Inggris ini, dibutuhkan waktu selama tiga tahun untuk mengembangkan tool tersebut.

“Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan modul pengajaran berbasis cyber-literature menggunakan R & D Borg and Gall Model,”jelasnya.
Taufik menambahkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan mahasiswa mengharapkan dosen mereka mengajarkan dengan mengintegrasikan language skills dalam menggunakan cyber-literature dalam pembelajaran sastra berbasis e-literature.

“Materi instruksional berbasis cyber-literature dirancang untuk memfasilitasi kebutuhan saat ini dalam bentuk ESCLEN 4.0.

Cyber-literature dirancang dengan tool interaktif yang tidak hanya menarik mahasiswa dan dosen namun juga meningkatkan keterampilan sastra, dan model pembelajaran cyber-literature dianggap model pembelajaran efektif sebagai tool dalam meningkatkan pembelajaran mandiri,”katanya.

Selain itu, lanjut dosen Fakultas Sastra dan Humaniora UIM Makassar ini, aksesibilitas baik mahasiswa dan dosen lebih karena tool ini user-friendly, sistem yang fleksibel dan memenuhi kebutuhan pembelajaran saat ini.

Diakhir ujian promosi Taufik berhasil lulus dengan predikat sangat memuaskan. (ila/yahya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *