Rektor Unismuh Makassar Harap Asmadina Lahirkan Manusia Berakhlak Mulia

WARTALLDIKTI9.COM, MAKASSAR.– Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Ambo Asse, M. Ag, mengharap, Asrama Mahasiswa KH Djamaluddin Amien (Asmadina),
Unismuh Makassar menjadi wadah pembinaan pengkaderan persyarikatan dapat melahirkan manusia berakhlak mulia dan jujur dalam segala lini.

Rektor mengatakan hal ini dalam acara pengukuhan Kiai Asmadina, Dr KH Abbas Baco Miro, Lc, MA di Aula Asmadina KH Djamaluddin Amien, Senin 1 Februari 2021.

Hadir dalam acara ini Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Ambo Asse, M. Agar, Ir H Muh Saleh Molla, MM, mewakili PWM Sulsel, Wakil Rektor III, Dr Muhammad Tahir, Koordinator Pembina Asmadina, Drs H Mawardi Pewangi, M. Pd, Kepala Pengelolaan Asmadina, Sitti Chaerani Jaya, S. Sos, M. Pd, Dekan Fisipol, Dr Mihyani Malik, dan dua orang wakil dekan.

Rektor Prof Ambo Asse menegaskan Asmadina sebagai wadah pembinaan harus melakukan hal-hal bersifat strategis, diantaranya jika masih ada mahasiswa yang bacaan Quran yang belum benar dapat diluruskan bagaimana cara baca Al-Quran yang benar. ” Itu yang kita harapkan, “tegas Rektor Unismuh.

Dikatakan dalam kegiatan pembinaan kemahasiswaan seperti dalam latihan muballigh perlu ada materi perbaikan bacaan Al-Quran, karenanya pembinaan khususnya di Asmadina ini harus terus diaktifkan dan selalu bersinergi dengan seluruh pimpinan mulai dari tingkat universitasi, tingkat fakultas, prodi hingga sampai pada tingkat paling bawah dalam melakukan gerakan pembinaam sehingga tidak perlu ada skak-skak.

Jadi bukan saja kiai yang melakukan pembinaan yang dapat meluruskan jika ada kesalahan tetapi seluruh pimpinan lingkup universitas bisa melakukan pembinaan tanpa harus lebih dahulu menunggu pembina untuk meluruskannya.

Pada bagian lain, Saleh Molla yang mewakili Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, mengatakan, menyambut baik pengukuhan Kiai Asmadina Unismuh Makassar dan berharap mudah-mudahan generasi, yang dilahirkan adalah generasi yang selalu terpelihara imannya bukan generasi sesat dan menyesatkan, karenanya menyambut baik langkah yang dilakukan, Asmadina dan ini dianggap, sebuah langkah, maju.

Sementara Koordinator Pembina Asmadina, Mawardi Pewangi melaporkan jumlah penghuni Asmadina sebanyak 220 orang, diantaranya 120 orang dari mahasiswa kedokteran, mahasiswa PAUD 18 orang, Mahasiswa PUT 49 orang, mahasiswa Mahad Albirr 10 orang, mahasiswa umum 10 orang dan, 5 orang mahasiswa asing.

Kepala Pengelolaan Asmadina Unismuh Makassar, Sitti Chaerani Jaya, S. Sos, M. Pd, menambahkan, selama dalam asrama mahasiswa mendapatkan materi inti berupa, Al-Falak, penyembelihan hewan, pengurusan jenazah, hapal Al-Quran, belajar bahasa Arab dan Inggeris serta kegiatan sosial lainnya. (ulla-yahya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *