Yohanes Pasambaka Doktor Pertama di Fakultas Ekonomi UNKRIT Poso

WARTALLDIKTI9.COM,MAKASSAR. — Salah seorang dosen Universitas Kristen Tentena (UNKRIT) Poso, Yohanes Pasambaka berhasil meraih doktor pendidikan ilmu ekonomi di Program Pascasarjana UNM, Rabu (10/3/2021).

Pencapaian gelar akademik yang sangat memuaskan itu dengan nilai IPK 3,84 sekaligus merupakan, doktor pertama dosen fakultas ekonomi dan doktor keempat di Unkrit Poso.

Demikian ditegaskan Dekan Fakultas Ekonomi UNKRIT Poso, ChE. Fajar Sangkide, SE, MM kepada media Rabu (10/3/2021).

Dijelaskan, selama dalam proses penelitian dan penulisan disertasi Yohanes dibimbing Promotor,
Prof. Dr. Chalid Imran Musa, M.Si. Kopromotor, Prof Dr. Jasruddin, M.Si dan Prof Dr. Dian As.Parawansa, M.Si, Ph.D.

Disertasi yang ditulis berjudul, Pengaruh Literasi Kewirausahaan dan Inovasi Terhadap Perilaku Kewirausahaan Yang Dimediasi Oleh Nilai Kreativitas, Studi Pada Industri Kerajinan Di Kabupaten Poso.

Hasil penelitian disertasinya menunjukkan bahwa semua indikator yang digunakan dinyatakan valid dan realibel.

Variabel literasi kewirausahaan, inovasi dan kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel perilaku kewirausahaan.

Nilai pengaruh masing-masing variabel ditunjukkan dari hasil analisis data statistik dan uji hipotesis penelitian, yang menunjukkan nilai probabilita (p) < 0,05 dan nilai Critical Ratio (CR) > 1,96.

Dengan demikian maka pengaruh setiap variabel independen terhadap variabel dependen dinyatakan
signifikan.

Sebelumnya Ada empat dosen fakultas ekonomi melanjutkan jenjang pendidikan S3 di Prodi Pendidikan Ilmu Ekonomi PPs-UNM, tandas magister manajemen PPs-STIE YPUP Makassar ini.

Keempat dosen itu yakni; Yohannes Pasambaka, Yulian R Taaha, Felix Gampe dan Abdi Sakti Walenta.

Jadi dalam waktu dekat tiga dosen lainnya akan segera menyusul menjalani proses promosi sebagai tanda penyelesaian studi.

Saat ini kekuatan sumber daya dosen Fakultas Ekonomi sebanyak 12 orang untuk prodi S1 Manajemen dan S1 Ekonomi Pembangunan. Kedua prodi ini akan terus ditingkatkan status akreditasinya dari BAN-PT.

Yohanes Pasambaka, lahir di Sangele, 14 Januari 1972. Tamat SMA Kristen I Tentena 1991. S1 Manajemen Perusahaan di STIE Panca Bhakti Palu, 1997. S2 Manajemen di Pascasarjana Universitas Hasanuddin 2010.

Dosen Tetap Yayasan, sejak berdiri UNKRIT 2007. Ketua Prodi Manajemen 2010-2013. Dekan Fakultas Ekonomi 2014-2015. (yahya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *