IKA Fisip Unhas Akan Gelar Seminar Nasional dan Mubes VI pada 10 April 2021

WARTALLDIKTI9.COM,MAKASSAR. — Ikatan Alumni Fisip Unhas akan menggelar seminar nasional dan Mubes VI akan digelar pada Sabtu 10 April 2021 di Hotel Four Point by Sheraton Makassar.

Pelaksanaan kegiatan ini rencana digelar secara luring dan daring dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Demikian hasil rapat Stering Comite (SC) Mubes VI IKA Unhas berlangsung secara daring via Zoom selama dua malam berturut turut, Rabu-Kamis (10-11/3/2021).

Para anggota SC ini sebanyak tujuh orang mewakili tujuh alumni prodi yang ada di Fisip Unhas. Rapat dipimpin Ketua SC, Dr.H. Muhlis Madani, M.Si dari alumni prodi Ilmu Administrasi Negara.

Wakil Ketua SC, Drs.Baharuddin Solongi, M.Si (Pemerintahan), Sekretaris, Sahman AT, S.Sos (Komunikasi), anggota SC, Prof Dr Eliza Meiyani, M.Si, (Antropologi), Dr.Muhammad Yahya Mustafa M.Si (Politik), Ishak Rahman, S.IP, MSi, (Hubungan Internasional) Andi Irwansyah, S.Sos (Sosiologi).

Ketua SC Mubes VI IKA Fisip Unhas, Muhlis Madani pada rapat itu menegaskan anggota SC menyepakati tema bakal diusung pada Mubes VI adalah, Transformasi Digital Pemerintahan Merespon Covid-19, Kemiskinan dan Korupsi, tandas Wakil Direktur II Program Pascasarjana Unismuh Makassar ini.

Mubes sehari IKA Fisip Unhas akan diisi dua agenda pertama adalah seminar nasional dengan mengundang para alumni yang sukses pada karier masing masing.

Para alumni ini ada yang sukses selaku diplomat, dosen, bupati dan wakil bupati serta pada bidang profesi lainnya.

Para alumni yang sukses itu terutama para bupati dan wakil bupati yang memasuki periode kedua akan jadi nara sumber mengemukakan dan menjelaskan strategi yang ditempuh dalam menghadapi transformasi digital pemerintahan merespon Covid-19, kemiskinan dan korupsi.

Sebaliknya bagi para bupati dan wakil bupati yang baru, serta nara sumber lain akan diminta memaparkan rencana kegiatan apa akan dilakukan selama menjalani periode pertama kepemimpinan di daerah masing masing dalam menghadapi transportasi digital pemerintahan itu, tandas Muhlis yang juga Sekretaris PGRI Sulsel ini.

Wakil Ketua SC, Baharuddin Solongi menambahkan, rencana para nara sumber dari kalangan alumni Fisip Unhas yang akan diundang termasuk di antaranya; Muh Lutfi Rauf, MA, Prof Nurliah Nurdin, Prof Dr Masjaya, M.Si, Tanti Relatama, S.Sos, MA, Bupati Bone, Dr. H.Andi Fashar M.Padjalangi, M.Si.

Selain itu juga ada Bupati Jeneponto, Drs. H. Iksan Iskandar,
M.Si, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, S.IP, Bupati Maros, H.A.S.Chaidir Syam, S.IP. Wakil Bupati Bantaeng, Drs.H.Sahabuddin dan Wakil Bupati Bulukumba, Drs.H.A.Edy Manaf, tegas Barsol panggilan akrabnya yang juga Konsultan Pendidikan dan Tata Kelola Pemerintahan ini.

Hal sama ditambahkan Sekretaris SC, Sahman AT, pelaksanaan seminar nasional ini setengah hari dimulai pagi sampai tiba waktu salat duhur. Selesai istrahat dilanjutkan dengan Mubes VI, mendengarkan laporan LPJ pengurus IKA Fisip Unhas 2016-2020, program kerja dan rekomendasi bagi pengurus baru serta pemilihan ketua IKA Fisip Unhas periode 2020-2024.

Para peserta Mubes VI berasal dari utusan pengurus IKA Prodi yang ada yakni, ilmu administrasi negara, politik, pemerintahan, sosiologi, antropologi, komunikasi, hubungan internasional dan utusan lainnya, tandas Sekretaris IKA Komunikasi Fisip Unhas ini.

Selama ini yang tercatat pernah pimpin IKA Fisip Unhas yakni; Prof Dr Syukur Abdullah MA, Prof Dr H Anwar Arifin, Drs.H Akib Helede, M.Si, Prof Dr.Armin Arsyad, M.Si, Dr. H.Andi Fashar M.Padjalangi, M.Si. (ulla/yahya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *